kiko

RASVAN KIKOO // MERILIS SINGLE “I’M HOME”

Rumah itu adalah dimana hatimu berada. Itu kata Pliny Si Tua, seorang laksamana dan filsuf Kekaisaran Romawi menerjemahkan arti dari kata “rumah”. Ralph Waldo Emerson bahkan berpendapat jika “house” itu adalah rumah yang terbuat dari kayu dan semen, sedangkan “home” adalah rumah yang terbuat dari impian dan cinta.

Rasvan Kikoo, duo SurabayaMakassar ini hadir dengan sebuah komposisi bernuansa R&B, Urban soul bertajuk I’m Home. Rasvan, gitaris sekaligus komposer utama lagu ini mempertanyakan makna dari kata “rumah” di lagu ini. Dimana sesungguhnya rumah itu ? 

Perkembangan peradaban manusia dan kemajuan teknologi membuat makna rumah terbolak-balik. Seseorang mungkin akan merasa nyaman ketika berada di “home” yang mungkin adalah kantor tempat ia bekerja, tapi malah merasa gusar atau galau ketika berada di “house” yang ia buat bersama keluarganya.

Dibuka dengan intro yang mengkombinasikan strings dan suara gitar Rasvan, kita teringat sound soul dan RnB dekade 70-an seperti Marvin Gaye dan Gladys Knight. Suara Kikoo dengan lembut melantunkan lirik seakan harapan, asa bawah sadar kita saat kita tiba di pagar rumah kita setelah seharian beraktivitas.

Penuturan rapper Peter sebagai interlude lagu ini memaparkan realita kehidupan dimana manusia harus bertahan hidup dan memikirkan eksistensinya di masyarakat sehingga harus terpisah dengan apa yang disebut “rumah”.

Saat naluri untuk bertahan hidup – terutama bagi masyarakat urban – mengharuskan seseorang untuk mengaktualisasikan diri di lingkar pergaulan, lingkungan kerja, komunitas – baik melalui media sosial atau tongkrongan di kafe, membuat banyak manusia urban modern tanpa sadar harus melepaskan privasi – kehidupan dalam lingkup terkecil dalam diri kita yang sering terdapat di rumah.

Tapi uniknya, manusia selalu ingin kembali ke “rumah” untuk melakukan kontemplasi setelah ribuan problematika menerjang dirinya.

Rasvan Kikoo menghadirkan “I’m Home” sebagai single pertama mereka mengangkat tema problematika manusia urban dalam kemasan lirik yang sederhana, tapi tanpa sadar menjelaskan mengapa banyak manusia di era digital ini banyak yang lupa akan “rumah”.

Kombinasi gitar jazzy Rasvan, vokal soulful Kikoo dan Rap lugas dari Peter, menjadikan “I’m Home” sebagai soundtrack baru  kehidupan masyarakat perkotaan, sebagai bentuk aspirasi dan pemberi harapan untuk jutaan problema yang mengiringinya. simak single “i’m home di www.rasvankikoo.com

====================================================================================

For more info:

Twitter: @rasvankikoo

Facebook: Rasvan Kikoo

Instagram: @rasvankikoo

Related Blogs

    Share