RAMPOE-UGM-BODY

RAMPOE UGM // MEMPERSEMBAHKAN RAJOMATION 2021

Situasi pandemi berdampak pada kelompok kelompok seni yang mengandalkan keberlangsungannya dari performance-performance di depan publik. Kumpulan orang yang dulu menjadi pusat sekarang dihindari. Keadaan inilah yang menginspirasi Rampoe UGM, sebuah Badan Semi Otonom yang berpusat di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada untuk menyediakan sebuah ruang bagi generasi muda pegiat seni untuk tetap berkarya di tengah keterbatasan yang ada.

Rampoe UGM sendiri merupakan sebuah organisasi yang berfokus pada seni pertunjukan Aceh. Nama Rampoe sendiri sudah cukup dikenal di kalangan komunitas dan sanggar kesenian Aceh. Selama kurang lebih 12 tahun sejak awal terbentuk, Rampoe UGM melakukan mayoritas kegiatannya untuk melakukan performance dalam berbagai festival dan kompetisi di dalam dan luar negeri. Oleh karena itu, perubahan situasi 180 derajat semenjak pandemi yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun ini cukup mengguncang dan menuntut Rampoe UGM
untuk beradaptasi.

Hal inilah yang mengilhami Rampoe UGM untuk mengadakan kompetisi tari Ratoh Jaroe tingkat SMA se-Indonesia, yaitu “Rajomation 2021”. Ruang untuk tampil dan berkarya yang semakin jarang ditemui akibat pandemi menjadi gagasan awal diadakannya “Rajomation 2021“. Dengan diselenggarakannya Rajomation, Rampoe UGM berharap dapat berkontribusi memberikan wadah bagi generasi muda yang tergabung dalam sanggar tari Aceh untuk tetap berkarya di tengah pandemi.

Karena situasi pandemi yang membatasi pelaku seni dalam berbagai aspek, ketentuan yang ada dalam kompetisi Rajomation 2021 ini dibuat fleksibel agar tidak menyulitkan para peserta, diantaranya adalah ketentuan untuk memperbolehkan peserta mengumpulkan video lama maupun yang pernah diikutsertakan dalam acara lain. Sejauh ini Rajomation 2021 telah memasuki batch terakhir pendaftaran. Rajomation tahun ini sebagai event perdana Rampoe diselenggarakan secara online dengan periode pendaftaran 26 Oktober – 30 November 2021. Peserta dapat ikut serta dengan mendaftar melalui link yang terdapat pada akun resmi Rajomation, @rajomation.rampoeugm.

Rampoe UGM sebagai pihak penyelenggara berharap Rajomation dapat menjadi angin segar bagi generasi muda penerus bangsa yang bersemangat untuk tampil dan memperkenalkan budaya Aceh ke masyarakat namun terbatas keadaan. Dengan hadirnya Rajomation, diharapkan para pelaku seni khususnya kesenian Aceh memiliki ruangnya untuk tetap berkembang tanpa harus mengkhawatirkan situasi yang belum sepenuhnya pulih.

=======================================================================================

For More Info:

Instagram: @rajomation.rampoeugm

 

Related Blogs

    Share