merepih-body

RAGAM_ // RILIS SINGLE “MEREPIH”

ragam_ merupakan kelompok musik alternatif dan independent yang berasal dari Cilandak, Jakarta. Beranggotakan saudara kandung Rinaldo Laksasena dan Bramega Sanditama, sepupu Andri Fajar Arafah, kakak ipar Sonny Wicaksono, teman masa kecil Rendrato Sena, dan Chika Bagaskara. Sebelumnya hanya menjadi band cover yang sesekali bermain di studio untuk menghilangkan penat dari kesibukan aktivitas sehari-hari, angan untuk membuat & merealisasikan materisendiri hanya sebuah wacana hingga di tahun 2020, ini terlahir lah nama “ragam_”.

“Candu”, setiap bentuk kecanduan itu bukanlah hal yang baik. Tidak hanya narkotika, alkohol, atau nikotin; idealisme, bahkan keterikatan sosial atau romantis adalah hal yang dapat membuat kita candu. Karena ada banyak bentuk kecanduan, banyak orang sepanjang hidup mereka berurusan dengan gejala kecanduan tetapi tidak pernah menyadarinya. Kecanduan dapat membuat efek drastis pada hidup kita jika tidak ditangani dengan benar, dan perlahan dapat menghancurkan kita pada waktunya. “Merepih” dalam bahasa Indonesia berarti “Menghancurkan atau Merobek”, Dalam proses ragam’s road to album, setiap anggota akan mendapat kesempatan untuk menjadi penanggung jawab/pengambil keputusan atas lagu yang mereka pimpin.

Lagu ini dipimpin oleh Sonny Wicaksono, lirik ditulis oleh Bram, Chika, & juga Sonny. ragam_ mulai memproduksi & merekam “Merepih” di studio Soundhead, Antasari, Jakarta Selatan pada awal tahun 2021, dan selesai pada April 2021. Akibat absennya Bram di beberapa sesi produksi, proses rekaman gitar bass diisikan oleh Dwi Putra Bachrie. Lagu ini berisi; nada yang cukup haunting, vokal yang harmonis diikuti dengan lirik yang straight forward dan dinamika ‘mengalir’ yang menciptakan pemenuhan semua elemen instrumen, mewakili suasana melankolis alternatif mereka.

====================================================================================

For more info:

Instagram: @ragam._ 

YoutubeRagam – Topik

Spotify :ragam_

 

Related Blogs

    Share