Radhini Lelah Artwork Final 3000x3000

Ada yang baru dari Radhini di akhir tahun 2018 ini. Perempuan bernama lengkap Radhini Aprilya Hapsari ini merilis single terbarunya yang berjudul “Lelah”. Sebuah lagu yang ringan namun spesial ini, rupanya ditulis Radhini dengan antusias karena didasari oleh curhatan para penggemarnya.

Berawal dari iseng membuat polling di Instagram Story, Radhini menanyakan kepada followers-nya jika ia ingin membuat lagu berdasarkan cerita mereka, apakah mereka mau curhat ke Radhini? Ternyata setelah melempar poling tersebut, Radhini mendapat  banyak respon yang positif dan banyak penggemarnya yang menceritakan kisah atau pengalaman hidup mereka kepada Radhini. Akhirnya Radhini pun merealisasikan niatannya tersebut.

Ia menjelaskan, awalnya hanya iseng semata, karena banyak curhatan yang masuk ke instagram, akhirnya terpikir membuat cerita-cerita mereka ini menjadi sebuah lagu. Lalu ia mengajak salah satu stasiun radio di Jakarta untuk terlibat untuk mewujudkan ide ini dengan membuat sebuah Campaign dengan tagar #CurhatinRadhini. Jadi semua proses dari orang kirim cerita, menyusun lirik, membuat melodinya dari milih chord, verse dan reff hingga jadi satu lagu itu Live On-Air selama 5 hari di stasiun radio tersebut. Akhirnya terciptalah lagu Lelah ini yang terpilih menjadi single terbarunya.

Membuat karya yang dekat dengan kehidupan para pendengarnya memiliki arti tersendiri buat Radhini. Untuknya, ini adalah pengalaman pertama membuat lagu dari curhatan orang lain. Sebelumnya ia selalu buat lagu berdasarkan pengalamannya sendiri. Ia memaparkan, rasanya menyenangkan sekali bisa dipercaya oleh penggemar untuk dicurhatin tentang kisah hidup atau pengalaman mereka. Pastinya tidak mudah curhat dengan orang yang mereka tidak kenal, tapi mereka mau. Begitu mendengar cerita mereka ternyata banyak cerita sedih, patah hati dan tentang ketidak-bahagiaan. Radhini jadi merasa terharu membaca kisah-kisah mereka. Dari situlah, inspirasi lirik didapatkan.

Dalam pembuatan lagu Lelah, Radhini dibantu oleh Produser Musik sekaligus Drummer Barasuara, Marco Steffiano. Bagi Marco, tidak sulit bekerjasama dengan Radhini karena sama-sama memiliki selera musik yang sama. Ia mengungkapkan, merasa senang banget waktu Radhini meminta ia untuk terlibat di single barunya. Sebenarnya, Marco mengenal Radhini sudah cukup lama dan merasa cocok bekerjasama dengan dia. Marco megaku respect dengan kerja kerasnya dia dari dulu sampai sekarang. Kalau dari karakter suara Radhini, Marco suka karena ia punya kualitas vokal yang baik dan dengerin dia menyanyi tuh enak, dia memiliki suara yang enak untuk dinikmati. Itulah yang membuat Marco tertarik untuk terlibat di single ini, kedepannya ada beberapa lagu Radhini juga yang akan berkolaborasi bersama Marco. 

Mengenai penggemar, Radhini mengungkapkan, penggemar baginya adalah inspirasi dan elemen terpenting dalam perjalanan kariernya. Memiliki penggemar yang selalu men-support dirinya, membuat Radhini terus bersemangat membuat karya. Melibatkan penggemarnya di lagu ini, merupakan salah satu usaha Radhini untuk semakin dekat dengan para penggemarnya. Radhini berharap, lagu ini bisa mewakili perasaan atau pengalaman banyak orang.

Ia menambahkan, biasanya lagu yang ‘kena’ di kuping dan hati para pendengar musik adalah lagu yang secara lirik dan maknanya relate dengan kisah hidup banyak orang. Selain itu, proses pembuatan lagu Lelah memberikan gambaran bagaimana proses sebuah karya musik atau lagu tercipta. Radhini juga ingin  bisa memotivasi teman-teman yang ingin terjun ke dunia musik secara profesional untuk tetap semangat dalam membuat karya-karya yang bagus. Bahwa ide kreatif itu bisa di dapat dengan berbagai cara selama kita mau menggali potensi yang terbaik dari diri kita. Jadi jangan mudah menyerah.

================================================================================

For more information :

Facebook Fanpage: www.facebook.com/radhinimusic

Twitter & Instagram: @radhini_

Soundcloud: soundcloud.com/radhini

Youtube: radhiniaprilya

 

Related Blogs

    Share