3Band rock instrumental berbasis di Jakarta, Primata, merilis album mini debut mereka bertepatan dengan Record Store Day Indonesia 2016, yang akan berlangsung di Pasar Santa, Jakarta Selatan, 16-17 April. Album mini bertajuk Avani tersebut dirilis dalam format kaset pita dengan jumlah terbatas melalui label rekaman Guts Division.

Sebelumnya, Primata telah merilis single “Pada” di akhir Januari 2016 dalam format digital melalui laman Bandcamp maupun SoundCloud mereka. Single ini merupakan bagian awal dari track berjudul “Ancala”, yang menjadi track kedua di album mini Avani.

“‘Ancala’ adalah track kedua dalam Avani. Track tersebut terdiri dari dua bagian. Bagian pertama sudah dirilis sebagai single berjudul ‘Pada’ yang artinya kaki, dan bagian kedua berjudul ‘Mustaka’ yang artinya kepala,” jelas Rama Wirawan, gitaris dan pendiri Primata.

2“Ancala itu artinya gunung. Jadi lagu ini seperti gunung yang keras dengan bebatuannya, namun di beberapa bagian dingin dan gelap,” sahut Adhitomo Kusumo, pemain bass Primata.

Avani adalah kata dalam bahasa Sanskrit yang berarti Bumi. Setiap track dalam EP ini merupakan upaya musikalisasi dari hal-hal yang dekat dengan alam liar.

Selain track “Ancala”, Primata juga memasukkan track “Jenggala” yang berarti hutan, “Khaga” yang bisa diartikan menjadi udara atau burung, dan “Samudra”.

“Sedangkan ‘Kadana’ sendiri berarti bencana akibat ulah manusia. Karena itulah strukturnya cukup chaotic,” tambah Sofyan Refliyandi sang drummer.

Dannus Darmawan, seniman Bandung yang digandeng Primata untuk menggarap ilustrasi, memberi sentuhan warna dingin pada artwork Avani.

“Saya memilih biru sebagai warna dominan untuk ilustrasi sampul Avani karena itulah warna utama Bumi. Kalau dilihat dari luar angkasa, warna Bumi itu biru dan hijau. Selain itu, pemilihan warna ini juga karena ingin menonjolkan sisi dingin musik Primata,” jabar Dannus.

Meski Avani hanya dirilis dalam format kaset, namun pembeli juga memperoleh kode unduh di dalam kemasannya. Kode tersebut bisa dipergunakan untuk mengunduh album mini Avani dalam format digital melalui laman Bandcamp Primata.

Avani juga akan tersedia di iTunes, Spotify, Deezer, dan beberapa situs belanja musik lainnya.

“Sengaja kami merilis album mini ini secara fisik dalam format kaset dan jumlah yang tidak banyak sebagai langkah efisiensi. Sebagai band baru, jumlah ini kami rasa sudah yang paling pantas. Kami tidak ingin mubazir. Kasihan sekali Bumi sudah memberikan banyak pohon untuk kami jadikan kertas sampul album kalau nantinya hanya tersimpan di gudang karena tidak terpasarkan. Saya sepakat dengan Leonardo DiCaprio, let’s not take our planet for granted,” pungkas Rama.

Record Store Day Indonesia 2016 di Jakarta akan berlangsung selama dua hari berturut-turut di Pasar Santa, Jakarta Selatan. Avani akan dirilis di hari kedua, Minggu, 17 April 2016, sekitar pukul 11 siang.

Selain merilis Avani, Primata juga akan tampil di pasar modern tersebut pada hari dan jam yang sama. Rencananya, band yang terbentuk pada awal tahun 2014 lalu sebagai kuartet dan setahun kemudian bertransformasi menjadi trio ini akan memainkan keseluruhan isi album mini mereka.

 

Kontak Primata

CP: +6281287672084 (Andrew Mahardika)

Email: primatarock@gmail.com

Bandcamp: primatatheband.bandcamp.com

SoundCloud: soundcloud.com/primatatheband

Instagram: @primatatheband

Twitter: @primatatheband

Facebook: primatatheband

Related Blogs

    Share