sastraPekan Sastra merupakan acara tahunan yang diselenggaraakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan April – bulan Mei ini dilatarbelakangi oleh makna dari bulan April itu sendiri. Bulan April dimaknai sebagai tonggak lahirnya sastra (baca: kesusastraan) modern dan progresif di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari lahirnya puisi modern oleh Chairil Anwar yang berjudul Aku.

Kegiatan yang bertemakan “Hidupkan Apresiasi Sastra dalam Kreativitas” ini bertujuan untuk memperingati hari Chairil Anwar. Mengingat bahwa beliau merupakan pelopor dari lahirnya sastra modern, sehingga kegiatan Pekan Sastra 2016 diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi dari semangat Chairil Anwar dalam berkarya.

Tahun 2016 merupakan tahun ketiga penyelenggaraan kegiatan Pekan Sastra yang pada tahun sebelumnya bernama Hari Peringatan Chairil Anwar. Pada tahun 2015 barulah berganti menjadi Pekan Sastra. Adapun rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan pada tahun 2016 ini, yaitu workshop, lomba membaca puisi bagi siswa SMP se-Bali, lomba membaca puisi bagi siswa SMA/SMK/sederajat se-Bali, lomba monolog bagi siswa SMA/SMK/sederajat se-Bali, lomba dramatisasi puisi bagi siswa SMA/SMK/sederajat se-Bali, dan hari puncak. Workshop akan dilaksanakan pada 9 April 2016, sedangkan lomba membaca puisi tingkat SMP sampai dengan hari puncak akan diselenggarakan pada 3-7 Mei 2016.

Tidak hanya penikmat sastra saja yang dapat menikmati acara ini, tetapi masyarakat luas juga dapat hadir untuk menyaksikan kegiatan apresiasi karya sastra yang menampilkan kreatifitas dari masing-masing peserta lomba. Jadi, bagi masyarakat luas yang ingin menyaksikan hasil apresiasi sastra melalui pertunjukan dari masing-masing peserta dapat hadir di Auditorium Widya Sabha Mandala Fakultas Imu Budaya, jalan Pulau Nias nomor 13. Penonton dikenakan biaya Rp 5.000,-. dengan membeli tiket tersebut penonton berkesempatan untuk menentukan juara terfavorit dengan menuliskan nama ataupun tim dari peserta yang tampil pada tiket yang dibeli.

 

More info:

Contact: 085 205 401 413 (Fauziah) / 085 738 632 543 (Ayu)

Twitter: @Pekansastra

Facebook: @Pekansastra

www.pekan sastra.blogspot.com

 

Related Blogs

    Share