1“Proses tidak akan mengkhianati hasil, kalau hasilnya kurang bagus berarti prosesnya kurang keras” salah satu ungkapan yang dilontarkan oleh Putri Sri Aryana, sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Prodi(HMPS) Sastra Indonesia.

Pekan Sastra 2016 merupakan acara tahunan HMPS Sastra Indonesia, Universitas Udayana. Acara ini digelar selama lima hari terhitung mulai tanggal 3—7 Mei kemarin. Mengangkat tema “Hidupkan Apresiasi Sastra dalam Kreativitas”, Pekan Sastra 2016 menargetkan pesertadari kalangan pelajar pada jenjang SMP dan SMA/SMK/sederajat. Tak heran sekolah-sekolah yang khususnya memiliki teater sangat antusias mengikuti acara ini.

Acara Pekan Sastra tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari antusias peserta lomba yang melebihi target panitia. lomba Baca Puisi kategori SMP diikuti oleh 30 peserta, kategori SMA diikuti oleh 35 peserta, lomba Dramatisasi Puisi diikuti oleh 8 kelompok, dan lomba Monolog diikuti oleh 7 kelompok. Selain itu, kemeriahan juga terlihat dari antusias penonton yang ikut berpartisipasi selama lomba berlangsung. Bukan hanya sekadar menonton penampilan peserta, penonton juga dapat memberikan dukungannya melalui sistem voting yang bertujuan untuk mencari juara favorit.

Berdasarkan data yang diperoleh dari panitia Pekan Sastra 2016, lomba baca puisi tingkat SMP dimenangkan oleh I. G. A. N. Wasudewa dari SMP N 1 Denpasar sebagai juara I, juara II diraih oleh A. A. A. Agung Amandya Oka dari SMP N 3 Denpasar, dan juara III diraih oleh Putu Ayu Chumani Pranatthi dari SMP N 3 Denpasar. Lomba Baca Puisi kategori SMA dimenangkan oleh Ni Kadek Ayu Andani dari SMA N 5 Denpasar sebagai juara I, juara II diraih oleh Dhona Desri Wulandari dari SMK N 2 Denpasar, dan juara III diaraih oleh I Wayan Sugiarta dari SMA N 3 Denpasar. Lomba Dramatisasi Puisi diraih oleh SMA N 5 Denpasar (Teater Limas) sebagai juara I, juara II diraih oleh SMA K Harapan Denpasar (Teater Rubikz), dan juara III diraih oleh SMK N 1 Denpasar (Teater Sangsaka). Lomba Monolog diraih oleh SMA N 5 Denpasar (Teater Limas) sebagai juara I, SMK N 2 Denpasar (Teater Sumukhi) meraih juara II, dan juara III diraih oleh SMK N 1 Denpasar (Teater Sangsaka). Selain ketiga pemenang di atas, juara favorit  dimenangkan oleh Nengah Erika Kumata dari SMP Budi Utama Kerobokan sebagai juara favorit Lomba Baca Puisi kategori SMP, Lomba Baca Puisi kategori SMA/SMK/sederajat diraih oleh Gusti Ayu Agung Dian Pina Pertiwi dari SMK PGRI 3 Badung, sedangkan juara Lomba Monolog dan Dramatisasi Puisi dimenangkan SMK N 1 Denpasar.

“Selamat kepada adik-adik yang berhasil meraih juara dalam setiap perlombaan, bagi yang belum meraih juara jangan berkecil hati, tetap semangat kita bertemu di Pekan Sastra 2017. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Pekan Sastra 2016 ini”, tambah Wira Sumantri selaku ketua pelaksana Pekan Sastra 2016.(Panitia)

2

Salah satu penampilan peserta lomba baca puisi

3

Juara Lomba Dramatisasi Puisi

4

Juara Lomba Baca Puisi SMP

5

Juara Lomba Monolog5

Social media:

Twitter: @Pekansastra

Facebook: @Pekansastra

www.pekan sastra.blogspot.com

 

Related Blogs

    Share