Kolektif musik Pandai Besi kembali merilis video musik  untuk lagu “Jalang”. Ini adalah video musik Pandai Besi yang kedua setelah video musik “Laki-Laki Pemalu” yang dirilis di awal tahun 2014 ini.

Video musik “Jalang” dikerjakan oleh unit video asal Bandung, Tromarama yang sebelumnya juga pernah menangani video musik dari Seringai dan juga RNRM.

Ini bukan kali pertama Tromarama bekerjasama dengan Pandai Besi. Sebelum ini, Tromarama yang bertanggung jawab atas visualisasi dalam konser tunggal Pandai Besi, Daur, Baur tahun 2013 lalu.

VIDEO-Jalang

Lagu “Jalang” dipilih sendiri oleh Tromarama untuk dibuatkan video musiknya karena menurut mereka dengan durasi lagu yang cukup panjang merupakan sebuah tantangan tersendiri.

Dalam pemilihan lagu untuk video musik, Pandai Besi memang selalu menyerahkan pilihan seutuhnya kepada sang pembuat video. Dengan maksud agar si pembuat video memiliki kedekatan emosional yang lebih kuat dengan lagu yang mereka pilih sendiri.

Seperti alasan Tromarama berikut ini dalam memilih lagu “Jalang”:

“Lagu ‘Jalang’ mengingatkan kami dengan puisi Chairil Anwar ‘AKU’. Kami rasa ini persoalan klasik yang tidak akan pernah selesai dan akan terus ada. Kami sendiri juga punya pengalaman personal bagaimana perbedaan bukannya menjadi berkah malah jadi masalah.”

Berangkat dari pemikiran dan pengalaman personal terhadap lagu “Jalang”, maka Tromarama menerjemahkan melodi dan syair lagu ke dalam bentuk visual yang sarat dengan pesan tersirat.

“Kami mau cerita bagaimana sebuah teritori berusaha dipertahankan disaat bersamaan terus diperluas lewat reproduksi. Teritori disini bukan hanya dalam pengertian geografis tapi teritori dalam artian keyakinan, ideologi dan nilai. Pistol-pistol mainan buat kami seperti keyakinan itu sendiri. Sebagai pegangan untuk terus bertahan sekaligus sebagai alat perlawanan.”

Mari meluangkan 7 menit dari waktu Anda hari ini untuk menyimak kemasan audio visual buah karya dari Pandai Besi dan Tromarama. Selamat menyimak!


Related Blogs

    Share