1Pameran Ruang Tunggu diadakan untuk merayakan fakta bahwa banyak orang datang ke pembukaan sebuah pameran seni,  bukan hanya untuk melihat karya seni, namun juga untuk mengalami sebuah peristiwa—yang merupakan bagian dari produksi budaya tersendiri. Dilahirkan dan diwujudkan bersama oleh enam orang perupa yang mempunyai karakter dan pilihan medium yang berlainan: Ardi Gunawan, Ari Dina Krestiawan, Lala Bohang, Muhammad Taufik (lebih dikenal sebagai Emte), Reza Mustar (atau Azer), dan Vera Lestafa, pameran ini akan berlangsung pada hari Kamis, 2 Juni 2016 di Edwin Gallery, Kemang. Keenamnya sepakat untuk mengajak Farid Rakun sebagai kolaborator untuk bertukar pikiran, sekaligus menerjemahkan gagasan pameran ini ke publik.

Berangkat dari asumsi bahwa pameran seni rupa hanya terjadi pada malam pembukaan, Pameran Ruang Tunggu mencoba merayakan peristiwa pembukaan bagi penonton untuk menikmati karya dan bagi seniman untuk bertemu dengan publiknya secara santai dan suka-suka. Posisi ruang galeri, dengan demikian, secara jujur memiliki posisi sebagai sebuah ruang peristiwa, yang di dalamnya proses produksi budaya dari karya seni rupa dapat terbentuk—tanpa beban harus menjadi ruang pamer lagi.

Karya seni, di sisi lain, selalu menjadi alasan utama perayaan pembukaan diselenggarakan, kali ini akan sampai kepada pengunjung dengan metode berbeda. Dengan demikian, semua pihak dapat fokus menikmati malam itu untuk berbaur dan bercengkrama dan karya seni menjadi lebih cair karena tidak perlu dinikmati secara khusus di dalam ruang galeri.

Sebelum pameran ini berlangsung, ada program kompetisi terbuka bagi untuk berkolaborasi kreasi dan pengembangan photo wall bersama tiga seniman partisipan pameran, yaitu Ardi Gunawan, Ari Dina Krestiawan, dan Azer. Diharapkan program ini dapat mendorong dan memunculkan talenta baru di ranah visual.

Pertunjukkan musik dari musisi-musisi muda dan berbakat: Stars and Rabbit, Bedchamber, dan Gemalara juga akan turut memeriahkan pameran ini, serta pembukaan dari Amalia Wirjono, pendiri The Art Department.

Pameran ini diinisiasi dan dikoordinasikan oleh Ardi Gunawan, Ari Dina Krestiawan, Farid Rakun, Lala Bohang, Maya, Muhammad Taufiq (EmTe), Reza Mustar (Azer), Vera Lestafa dengan kerjasama bersama dengan GoAheadPeople, Edwin’s Gallery, Orang Tua Group, Qubicle, Retina, ManyEyes TV, Sarasvati, Kompas Muda, ELLE Decor, ELLE, Style.com, dan iRockumentary.

Pameran Ruang Tunggu

Kamis, 2 Juni 2016

Pukul 19.00

di Edwin’s Gallery

Jl. Kemang Raya No. 21 Kemang

Dimeriahkan oleh:

Stars and Rabbit, Bedchamber, Gemalara

Dibuka oleh:

Amalia Wirjono

Related Blogs

    Share