e6e3d4a3-1b9a-4199-9053-1d236f93e44c

Terbentuk pada tahun 1982, PADHYANGAN KOMEDI MUSIKAL BANDUNG (KMB) dapat disebut sebagai pionir Komedi Musikal di Indonesia. Didirikan oleh Tommy Budhi Pratomo di Bandung bersama 4 orang pendiri lainnya, kelompok mahasiswa dari Universitas Padjadjaran dan Universitas Parahyangan ini memulai kiprahnya dalam kegiatan sosial untuk bencana letusan Gunung Galunggung saat itu.  Kelompok ini memainkan konsep parodi dalam format komedi musikal yang saat itu populer dengan nama “kabaret” di Indonesia. Selanjutnya kelompok ini melanjutkan kiprahnya beraksi dari panggung ke panggung di kampus-kampus dan venue lainya.

Karya komedi musikal terus dilahirkan oleh PADHYANGAN KMB, hingga akhirnya mencapai era puncak di tahun 90-an. Tahun 1993 PADHYANGAN KMB mulai mengisi program acara di SCTV dengan judul PROJECT-P. Sebuah show komedi dengan konsep parodi.

Pada masa ini pula sebagian personilnya membentuk kelompok vokal bernama Padhyangan Project (Cikal bakal P-Project). Pada perkembangan selanjutnya, tahun 1994 Padhyangan Project memisahkan diri dari manajeman Padhyangan KMB dan mengusung nama P-Project (kebalikan dari nama acara Project-P ysang saat itu tayang di SCTV). Mereka sendiri terus menghasilkan karya musikal termasuk membentuk PROJECT POP di dalamnya.

Pada tahun 1996, PADHYANGAN KMB kembali menelurkan karya terbaru melalui lahirnya PADHYANGAN 6, yang sangat dikenal dengan hits single “Tenda Biruku”, “Es Campur Utang”, dsb. Menuai respon positif serta meraih penghargaan musik Indonesia menjadi puncak apresiasi bagi mereka, yang membuat PADHYANGAN 6 sendiri menjadi perhatian di kancah musik dan komedi nasional pada era nya.

Seiring dengan berjalannya waktu, PADHYANGAN 6 yang berjalan dibawah manajemen PADHYANGAN KMB terus aktif dari panggung ke panggung untuk mengisi berbagai undangan pertunjukkan di seluruh Indonesia. Namun, tiba saat nya bagi PADHYANGAN 6 & PADHYANGAN KMB untuk melakukan regenerasi dan kembali menghadirkan karya musikal terbaru.

Kembali hadir pada ramadhan tahun 2015 melalui single “Follow Dong Kakak” (video klip:  https://goo.gl/1sTgsx) dengan nama Padhyangan KMB, kembali menuai respon positif di kalangan masyarakat Indonesia. Single yang dirilis secara independen tersebut, menjadi airplay di beberapa radio di Indonesia. Di lanjutkan dengan kehadiran single baru pada ramadhan 2016 dengan judul “Ramadhan Ya Ramadhan” (video klip: https://goo.gl/5ppG14), cukup menjadi pembicaraan di kalangan media nasional. Salah satunya Kompas TV melakukan interview serta menayangkan penampilan membawakan single baru tersebut (interview: https://goo.gl/tfju1m, penampilan: https://goo.gl/DpDYps).

Pada tahun 2017, dengan memanfaatkan momentum ramadhan dan Idul Fitri. PADHYANGAN KMB dengan generasi baru nya akan kembali hadir dengan single terbaru “LAGU ROHANI” yang bercerita tentang(bersambung).

 

===============================================================================

Padhyangan KMB

instagram : padhyangan.kmb

 

Related Blogs

    Share