Lolang-Body

OSCAR LOLANG // MERILIS SINGLE “DEWASA”

Penyanyi-penulis lagu, Oscar Lolang, kembali lagi dengan single terbarunya berjudul “Dewasa”. Lagu berbahasa Indonesia ini merupakan hadiah penutup tahun dari musisi folk tersebut, sebagaimana terungkap dari akun Instagram-nya: “Untukku, tahun ini cukup naik-turun, banyak tantangan tapi banyak juga dukungan. Tahun yang membuatku semakin sadar bahwa dunia bukan hanya untukku dan teman-temanku saja,” tutur Oscar Lolang yang juga mengklaim single ini sebagai pengantar album penuhnya di tahun 2022 nanti.

Bagi pendengar Oscar Lolang, “Dewasa” mungkin akan terasa berbeda dari karya-karya sebelumnya. Selain kembali menggunakan bahasa Indonesia di antara mayoritas lagu berbahasa Inggris milik Oscar, ia juga mulai bereksplorasi dari pakem folk konvensional dengan menggunakan instrumen gitar listrik, yang ditemani cello dari Pangestu Hning dan sentuhan elektronik dari Vai Siagian. Walau begitu, Oscar masih piawai dengan tema kemanusiaan yang kali ini berkisah dengan “pendewasaan”, baik yang terjadi secara natural maupun “dipaksa” oleh situasi dua tahun terakhir ini.

Aku sangat senang dengan tema kesehatan mental yang kerap terangkat di media sosial hari ini. Dan melalui lagu ini, aku mencoba membawanya lebih jauh. Bahwa dengan segala pengetahuan tentang mencintai diri sendiri yang kita dapatkan sekarang, pada akhirnya kita harus sadar bahwa hidup ini bukan milik kita dan bukan milik siapa-siapa. Maka apapun yang kita lakukan baiknya dengan kesadaran atas apa yang terjadi di sekitar kita,” tutur Oscar. “Ini memang bisa menjadi sebuah tantangan, dan kita seringkali salah. Aku sendiri pun sering salah. Tapi itu yang menjadikan kita, ‘kita.”

Pesan tersebut yang berusaha diilustrasikan Oscar melalui penggalan lirik seperti sebab dunia bukan cuma soalmu/dan teman-temanmu hingga hey, bung/kau keasikan self-love/sampai lupa tentang maaf dan kasih/lupa bahwa kamu tak sendiri.  Sebagian besar pernyataan di lagu ini merupakan refleksi diriku sendiri, yang aku harap bisa berkelindan dengan hidup teman-teman yang mendengarkan juga,” lanjut Oscar.

Dewasa” sendiri merupakan lagu kelima yang dirilis Oscar Lolang selama pandemi ini, menyusul Melodies, Drive to School, “Ode untuk Mami-Mami”, dan “Doa” yang merupakan soundtrack dari film Cinta Bete. Lagu ini sudah bisa didengarkan di semua streaming platform per hari Senin, 13 Desember 2021.

Untuk merayakan perilisan ini, Oscar juga sudah bersiap menggelar intimate showcase pada hari Sabtu, 18 Desember 2021, bertempat di The Hallway Space, Bandung. Informasi lebih lengkapnya dapat dilihat di media sosial @oscarlolang.

====================================================================================

For more info : 

Instagram: @oscarlolang 

YouTube: Oscar Lolang

 

Related Blogs

    Share