oscar-lolang

Penyanyi dan penulis lagu Oscar Lolang resmi merilis single terbarunya berjudul “Melodies”. Kali ini, musisi yang identik dengan genre folk tersebut tambil lebih flamboyan dalam format full-band bersama teman-temannya, The High Temples. Ia secara terbuka bercerita tentang perjalanan hidupnya, yang tidak lagi dibawkan dengan amarah atau kegelisahan, melainkan harapan dan kecukupan. Walau begitu, kita masih bisa merasakan sosoknya yang getir, teliti, sekaligus kikuk.

Ketika narasi tentang self-acceptance sedang tumbuh subur di Indonesia, Oscar dengan piawai membawa pendengarnya menuju spektrum yang berbeda. “Ini barangkali lagu yang paling personal dariku,” tuturnya. “Lagu ini dibuat bukan untuk menceramahi, melainkan benar-benar murni tentang sebuah penggalan hidup, sebuah nukilan, yang baru bisa menjadi utuh ketika aku sampai di titik ini.”

“Melodies” adalah satu tarikan narasi panjang yang dimulai ketika Oscar duduk di bangku kuliah. Walau begitu, ia masih sempat menyelipkan berbagai lapisan makna dalam bait-bait liriknya. Dalam “Some men came and asked me, “Oscar are you a left?” / I gave them look instead, figure the questions are a trap”, Oscar seperti sedang menertawakan kesinisannya. Lalu pada “Where’s your voice Oscar? I don’t know, I sing for those who dig / I sing for all the horses, the whores and their wigs!”, ia nampak kembali memposisikan dirinya untuk para marginal. Narasi itu, dikemas apik oleh sautan instrumen dari Estu Hning, Andhika Mahesa, Alan Davison, Ananta Defta, Kevin Rinaldi, dan Azhar Fareeza.

“Pengerjaan lagu ini sebetulnya sudah tertunda cukup lama. Mudah-mudahan, di situasi kita harus diam di rumah seperti sekarang ini, lagu ini bisa menghibur sekaligus memberi semangat. Buckle up, folks. Don’t stop the Melodies!” imbuh Oscar.

Bekerja sama dengan Microgram Entertainment dan Believe, “Melodies” sudah bisa didengarkan di berbagai streaming platform musik per tanggal 20 April 2020. Lagu ini didukung oleh Adistia Pratayangsha dalam proses mixing, serta Marcel James untuk mastering. Video lirik “Melodies” hasil karya Dhiya Widya dan Wildan Sugara juga dapat disaksikan di kanal YouTube resmi Oscar Lolang. Aspek visual lain turut melibatkan Yoga Septira di bagian artwork, dan Farrisan Rahadian Danery selaku fotografer.

*Lagu ini juga merupakan tribute untuk Almarhum Azhar Fareeza. Formasi The High Temples sekarang adalah: Estu Hning (Violin), Ananta Defta (Bass), Esa Prakasa (Guitar), Ditra Prasista (Keyboard), dan Pramaditya Azhar (Drum).


=======================================================================================

For more info

Instagram: @oscarlolang


Related Blogs

    Share