olly-oxen01

Kontemplasi berujung penemuan formula baru. Kuartet yang terdiri dari Gawank Kusumo pada drum, Yanuar Gemby pada gitar, Novelino Adam pada bass, dan Mere Nauval pada vokal, tidak pernah menduga bahwa salah satu poin penting di album Mahiwal O’ Ndes, adalah tercapainya lirik bahasa Indonesia.Setelah Bad Mantra, -EP pertama OLLY OXEN yang berisi 4 lagu berbahasa inggris- berhasil menjembatani tur keliling pulau jawa, pada tahun 2018. Novelino dkk. meyakini rampungnya sebuah album penuh adalah prioritas utama band yang terbentuk pada tahun 2016 ini. Keyakinan ini adalah langkah pertama yang mendasari perjalanan workshop dan produksi mereka sepanjang tahun 2019.

“Saya pikir album ini diusahakan, karena proses kreatif OLLY OXEN memberikan kepuasan terhadap masing-masing personel, jadi kita ingin memperpanjang umur kebersamaan kita. Dari latar belakang tersebut, lagu yang dihasilkan gagasan nya jadi lebih beragam, lagu ‘Novelino Says NO’ mungkin terdengar ‘berengsek’, lalu sekejap ke ‘Nyawa’ drastis menjadi introspektif. Itu karena kita menyerap satu tahun kehidupan beserta segala variabel yang menyertainya” Ungkap Gawank.“Lagu ‘Mahiwal O’ Ndes’ dipilih sebagai judul album karena membuat banyak simpul oleh liriknya yang menyerap laku teks mantra. Lagu ini merekatkan album dengan karya kita yang lalu. Kalau Bad Mantra adalah mobil, Mahiwal O’ Ndes adalah Merk Spesifiknya. Mahiwal O’ Ndes merupakan gabungan dari dua bahasa, Jawa dan Sunda. Secara spirit menangkap iklim kolaboratif yang diyakini akhir-akhir ini. Dan seperti karakter mantra, kita menaruh harapan muluk bahwa album ini bisa menjadi tradisi lisan di kemudian hari” Ujar Mere, penulis lirik dan lagu.

Dari segi penjelajahan musik, album ini merupakan arena bermain tanpa aturan dengan selera yang terbentuk oleh karya mereka terdahulu. Olahan drum yang ikonik ala lagu-lagu rhythmic airplay, bersanding dengan dentuman bass yang melodius, ditutup oleh gitar dengan lick-lick blues tak beraturan yang dibalut sound fuzz modern racikan Gemby.Album ini akan dirilis secara digital pada tanggal 14 februari 2020. Tersedia serentak di Spotify, iTunes, JOOX, dan platform digital lainnya. Untuk mengiringi peluncuran album ini, OLLY OXEN merilis satu lagu dalam bentuk video lirik yang berkolaborasi dengan seniman grafis dari Semarang, Andy sueb untuk lagu “Nyawa”, nomor pembuka yang bisa diakses di Youtube mulai tanggal 17 Januari 2020, kemudian disusul dengan single kedua berjudul “Jauhari” yang tayang di Youtube pada tanggal 8 Februari 2020.

=======================================================================================

For more info

Instagram: @ollyoxen_


Related Blogs

    Share