noh-salleh---photo-2

Angin kencang tertiup lagi…

Tiga tahun sudah telinga kita dimanjakan oleh lagu-lagu dari mini album ‘Angin Kencang’ milik Noh Salleh. Kini album tersebut kembali dihembuskan penyanyi asal Sarawak itu dengan tambahan lagu baru dan kemasan fisik yang dirilis khusus di Indonesia pada saat ini.

“Ini akan jadi rilis fisik pertama saya di Indonesia. Ini seperti penanda kalau saya ready untuk Indonesia. Kerana you guys lovely sangat menerima karya-karya saya di sini,” ucap Noh.

Rencana awalnya album fisik akan dijual terbatas di Indonesia. Dalam kurun waktu yang masih belum ditentukan, pendistribusian album ini hanya dilakukan di Tanah Air. Kemasan fisik pun dibalut berbeda dari sebelumnya begitu pula lagu-lagu di dalamnya.

Single ‘Angin Kencang’ tentu saja masih akan ditemukan di dalam album. Begitu pula keempat track lainnya dari mini album. Tambahannya adalah ada tiga lagu baru yang digarap Noh khusus untuk album repackaged. Kesemua lagu tersebut digarap oleh Adink Permana yang tak lain adalah kibordist band Sore. Noh dibantu pada musisi Indonesia untuk melengkapi bebunyian dan jiwa dalam lagu-lagunya.

Renjana

Renjana adalah puisi karya putri bangsa bernama Rahne Putri yang kemudian dinyanyikan oleh Noh. Perjumpaan Noh dan Rahne pun dimulai dengan sederhana. Noh menemukan akun MySpace milik Rahne yang berisikan musikalisasi puisi dan ia menyukainya.

Tak lama setelah itu Noh sempat menggelar mini show di Pasar Santa. Di kesempatan tersebut ternyata Rahne datang menonton bahkan mengaku sebagai fans Noh. Sementara di satu sisi, Noh pun telah lama mengidolakan puisi-puisi ciptaan Rahne. Dari sanalah akhirnya Noh memberanikan diri meminta salah satu puisi untuk dijadikan lagu.

Kemasan musik ‘Renjana’ pun bila dibandingkan dengan single sebelumnya cukup jauh berbeda. Secara lirik dan lagunya dikemas lebih menyayat hati dan dramatis.

“Buat saya ‘Renjana’ adalah sebuah lagu yang indah hasil kolaborasi istimewa dengan penulis puisi. Sebelumnya single saya lebih pop mainstream but this one is a bit dark yet represent a beautiful sight from it’s own identity or angle,” tutur Noh.

Dari ketiga lagu barunya, ‘Renjana’ dinilai Noh entah mengapa memiliki sesuatu yang ia sendiri sulit menterjemahkannnya. Sebuah perasaan yang tak biasa dan Noh mensyukuri hal tersebut di dalam proses perjalanannya sebagai penulis lagu.

 

Noh Salleh – Renjana

 

Mohammad Noh bin Salleh adalah musisi yang lebih dikenal dengan nama Noh Salleh. Penyanyi asal Miri, Sarawak, Malaysia ini lahir pada 15 Maret 1985. Di awal kariernya dalam bermusik pada 2004 Noh sempat bergabung dengan grup hip hop bernama Mix dan merilis satu album.

Ketertarikan Noh pada musik Indonesia pun sudah berlangsung sangat lama. Bahkan relasi bermusik Noh pun banyak berasal dari Tanah Air. Ia bahkan sempat menjadi salah satu pengisi acara dalam Java Jazz Festival 2016.

Album fisik ‘Angin Kencang’ repackaged akan dijual pre-sale dalam waktu dan jumlah terbatas mulai 28 Agustus dan bisa dicek via akun IG @mohammadnohbinsalleh. Distribusi melalui toko akan dilakukan setelahnya.

 

Related Blogs

    Share