Natasha-Udu-01

Setelah menjadi vokalis pendukung andalan di berbagai proyek dan band selama beberapa tahun terakhir, kini saatnya bagi Natasha Udu untuk menjadi fokus utama. “Days of You”, single solo pertamanya yang dirilis di kanal-kanal digital dengan bantuan distribusi dari Sun Eater pada 9 Oktober 2020.  Pada lagu pop bertempo sedang ini, Udu bercerita tentang memasuki awal yang baru setelah melewati fase yang penuh cobaan.

Walau ini single pertama Natasha Udu sebagai artis solo, kamu mungkin mengenalnya sebagai perempuan bertubuh mungil dengan gerakan lincah dan suara memikat yang menjadi bagian dari Lomba Sihir, band yang mengiringi Hindia. Anda mungkin juga melihatnya sebagai vokalis yang ikut memperkuat penampilan panggung Matter Halo, Neonomora, SoftAnimal dan Mantra Vutura.

Kini saatnya bagi Udu untuk tampil sendiri di depan, suatu hal yang tak pernah dicita-citakan namun diterima sebagai konsekuensi alami dari perjalanannya selama ini. “Sebenarnya enggak pernah punya dorongan untuk menjadi solois karena tahu keterbatasan diri,” kata penyanyi berusia 26 tahun tersebut. “Namun dari dulu cuma jadi vokal latar sana-sini, jadi kayaknya kalau enggak jadi solois seperti enggak naik kelas, mau enggak mau.”

Days of You” tercipta pada masa yang kritis di kehidupan seorang Natasha Rosanie Candrasjmi, yakni ketika dilanda apa yang dikenal sebagai quarter-life crisis.  Keadaan ini membuatnya merasa jenuh, terutama dalam hal karier dan asmara. Walau sudah memiliki kehidupan yang cukup mapan, Udu justru merasa ada yang tidak nyaman dengan keadaannya yang seakan-akan selalu terkait dan berada di bawah bayang-bayang pekerjaan dan pasangannya. “Perasaan gue waktu itu mengatakan ini harus dilepas kalau mau merasa bebas. Kalau enggak, gue akan selalu merasa seperti tidak menjalankan hidup gue sepenuhnya,” kata Udu.

Setelah melepaskan diri dari apa yang dirasa membelenggu, Udu pun mendapatkan inspirasi untuk menulis lirik “Days of You”. Untuk membantu mewujudkan langkah pertamanya sebagai artis solo, Udu dibantu oleh beberapa teman berbakat. Tiga rekannya di Lomba Sihir, yakni Enrico Octaviano, Rayhan Noor dan Wisnu Ikhsantama, masing-masing terlibat sebagai produser, pengarah vokal dan mastering engineer.  Untuk penciptaan lagunya, Udu – yang ketika itu sedang menyukai album Sucker Punch oleh Sigrid, dan juga menggemari Paramore serta Dua Lipa – berkolaborasi dengan Enrico dan Christianto Ario alias Kurosuke. Sementara itu, dua teman lainnya, Nabil Favian dan Bayu Perkasa, masing-masing membantu dengan mengisi permainan bas dan mixing. Alasan Udu melibatkan mereka adalah “karena mengenal mereka cukup dekat dan mereka canggih banget dalam bermusik, mereka bisa mendorong gue dan men-translate apa yang ada di kepala gue supaya musiknya jadi dan maksimal.”

Dengan demikian, “Days of You” mewakili sebuah fase baru dalam kehidupan Natasha Udu yang lebih percaya diri. Akan ada karya-karya lagi dari Udu, baik sebagai solois maupun bersama Lomba Sihir, namun untuk saat ini apa ekspektasinya untuk “Days of You”? “Pastinya bisa jadi pembuka pintu untuk karya-karya selanjutnya, dan bertahan sebagai musisi,” katanya. Lalu, sebagaimana layaknya seseorang yang sudah menemukan identitasnya sendiri, ia menambahkan, “Kalau belum, ya dijadikan motivasi sampai berhasil.”


=======================================================================================

For more info

Instagram: @natasha.udu

Twitter: @natashaudu

Related Blogs

    Share