pasifika-19

Sudah bukan jadi hal baru bahwa pulau Dewata tidak hanya unggul dengan pesona pesisir eksotisnya, namun juga ragam kekayaan budayanya.  Bahkan, museum seni terbesar di Asia Pasifik berlokasi di pulau wisata nomor satu milik Indonesia ini. Bertempat di Nusa Dua Bali, Museum Pasifika dengan bangga mengkurasi dan menampung berbagai karya seni dari 200 artis asal 25 negara berbeda. Dengan total jumlah 600 objek karya, museum yang berlokasi di area ITDC ini menjadi salah satu destinasi pariwisata kultur yang diunggulkan.

Bertepatan dengan hari jadi ketiga belas Museum Pasifika, pada 8 Agustus 2019 kemarin tim media Mave secara eksklusif hadir mengunjungi tahapan penilaian nominasi Sustainable Tourist Destination. Menjadi satu-satunya destinasi pariwisata yang mewakili pulau Bali, kehormatan tersebut ditanggapi dengan penuh antusias dan persiapan matang oleh segenap tim jajaran Museum Pasifika.

1

Salah satu karya yang mencuri perhatian lebih dari tim Mave adalah lukisan Rama dan Sinta yang berada di jantung Museum Pasifika. Lukisan dengan ketinggian 3/4 dari bangungan yang menaunginya tersebut merupakan karya lukis terbesar koleksi Museum Pasifika. Lukisan yang beralih fungsi sebagai terpal mobil oleh pemilik pertamanya tersebut, mendapat perhatian dan minat penuh dari Museum Pasifika untuk diambil alih serta direstorasi. Tidak tanggung-tanggung, konservator lokal Indonesia dan asal Jerman dikerahkan selama enam bulan penuh demi menghidupkan kembali lukisan yang sempat mati suri ini.

Dalam kunjungan tersebut, tim Mave berpapasan dengan salah satu tim juri dari penghargaan Suistainable Tourist Destination, –Ibu Amelda–. Diselah antusiasnya menelaah ragam koleksi seni milik Museum Pasifika, beliau juga menyempatkan berbagi pandangannya terkait museum dan anak muda.

“Melek sejarah diawali dari minat untuk mengunjungi museum.”

Sosok keibuan ini sangat mengharapkan lewat kehadiran tim Mave yang dekat dengan bacaan anak muda, tren “nongkrong museum” kedepannya bisa terpicu untuk lahir. Jadi, untuk Mavers yang mencari alternatif destinasi wisata selama berada di Bali, jangan pikir panjang untuk seru-seruan dan memperluas wawasan di Museum kebanggaan Pulau Dewata ini. 

3

pasifika-22

4

pasifika-9

pasifika-16

pasifika-2

=======================================================================================

For more info :

IG : @museumpasifika

Related Blogs

    Share