Multiple Exposure atau juga biasa disebut Double Exposure merupakan sebuah teknik yang biasa digunakan dalam seni fotografi dan sinematografi untuk membuat dua atau lebih adegan diam maupun gerak yang terdapat di dalam sebuah frame. Teknik yang bukan hal baru tersebut memiliki tujuan agar gambar yang tampak dapat terlihat lebih dinamis dan dramatis.

Seni Multiple Exposure ini terlihat sangat menarik dan mungkin bisa dibilang sesuatu yang memiliki maksud tertentu untuk menggabungkan bebrapa gambar dalam satu Layer tertentu. Dapat ditafsirkan bahwa seni itu dapat muncul dari manasaja, dengan cara apasaja dan oleh siapa saja. Itu semua juga bagaimana cara kita untuk meanggapi dan menilai sebuah karya yang dapat digolongkan dalam kriteria Seni.

1Lara

Seni fotografi karya Lara Kiosses┬ámerupakan suatu seri foto dari “Romantic Collection” yang dibuat menggunakan teknik multiple exposure. Foto tersebut tampak memiliki gambar wanita muda yang cantik dengan lapisan (“overlay“) ┬ábunga-bunga yang indah. Perempuan yang terdapat di gambar itu tampak memiliki wajah melamun membayangkan suatu permasalahan hidup yang mengiringi perjalanan menuju masa depan. Dari wajah-wajah itu terdapat garis yang tipis antara seni fotografi yang sesungguhnya dan seni abstrak yang terlihat nyata. Namun, bunga-bunga yang berbaur dengan wajah perempuan-perempuan itu lebih cenderung terlihat memiliki suatu nilai kurva seni yang menggugah semangat dalam melalui lika-liku kehidupan.

2Lara

Hasil dari karya seni Lara Kiosses tersebut tampak sangat menarik mata untuk memandangan lebih lama dalam menemukan suatu perpaduan fenomenal antara ekspresi keindahan dan gaya feminim, manusia dan alam, nada magis dan sentuhan alami, dan perbedaan yang nyata antara kelembutan dan kerapuhan.

3Lara

4Lara

6Lara

7Lara


photo by www.larakiosses.com


Related Blogs

    Share