chris-benson-hH6sYIS6PqY-unsplash

MORNING ROUTINE // MEMINUM KOPI DI PAGI HARI

Kegiatan di pagi hari terkadang sangat berat untuk beberapa orang. Bagi yang sudah terbiasa, mereka memiliki rutinitas pagi yang sudah menjadi kegiatan yang terus menerus di lakukan oleh mereka pada pagi hari. Rutinitas ini bisa mencakup banyak hal seperti sarapan, mandi air dingin, jogging mengitari lingkungan rumah, atau menyeduh secangkir kopi. Beberapa contoh di atas memiliki latar belakangnya masing-masing untuk di jadikan salah rutinitas pagi hari seseorang. Salah satunya yang akan di bahas adalah rutinitas meminum kopi di pagi hari untuk memulai hari. Banyak orang meminum kopi di rumah atau di coffee shop untuk menjadi booster di pagi hari. Khasiat kopi di pagi hari lah yang menjadi alasan banyak orang memilih kopi untuk menjadi rutinitas paginya. Kopi di pagi hari memiliki banyak dampak terhadap tubuh dan emosi. Mood dan kesehatan bisa terbantu oleh secangkir kopi di pagi hari yang menjadikan kopi menjadi pilihan tepat untuk rutinitas pagi kalian. Berikut beberapa khasiat meminum kopi di pagi hari

Mengurangi stress

kopi memiliki kandungan antidepresan yang bisa membantu seseorang terhindar dari stres dan depresi. Selain itu kandungan tersebut mampu membuat suasana hati lebih stabil. Sehingga meminum kopi hitam di pagi hari bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk memulai hari. karena bila keadaan kita sedang stress, banyak kegiatan yang akan terganggu atau fatalnya kita akan terjun ke lubang depresi yang mampu mengganggu banyak hal terhadap hidup seseorang.

Meningkatkan energi, fokus, dan kinerja fisik

Selain itu juga kopi mampu meningkatkan kinerja fisik, tingkat energi, dan membuat fokus. Hal itu terjadi karena kopi mengandung kafein yang akan diserap oleh darah dan bergerak ke otak kita. Karena itulah para peneliti menemukan kopi mampu meningkatkan fungsi otak yang meliputi memori, suasana hati, energi, reaksi dan mental secara umum. Kafein juga meningkatkan hormon adrenalin dalam darah serta memecah lemak menjadi bahan bakar.

Menurunkan resiko beberapa penyakit

Meminum kopi di pagi hari juga mampu menurunkan resiko diabetes tipe 2, alzheimer, dimensia, parkinson dan masih banyak lagi. Walaupun tidak membuat 100% terhindar, tetapi banyak peniliti meneliti orang-orang yang rutin mengkonsumsi kopi dan hasilnya 30 sampai 60 persen lebih rendah terkena penyakit tersebut di banding orang yang tidak mengkonsumsi kopi secara rutin.

nubelson-fernandes-3XDe63NEvZQ-unsplash Memiliki segudang khasiat tidak membuat kopi bisa di konsumsi dalam jumlah banyak. Saat kopi di konsumsi berlebih, hasilnya malah berbanding terbalik dengan khasiat saat meminum kopi secukupnya. Hal yang akan di rasakan bila meminum kopi secara berlebih bisa malah mengganggu kegiatan pagi kita, atau malah berlanjut mengganggu kegiatan dalam hari itu. Berikut beberapa efek samping meminum kopi berlebih;

Kecemasan

Konsumsi yang berlebih mampu membuat kopi menjadi hal yang mengganggu untuk beberapa hal, salah satunya kecemasan. Ada suatu zat di dalam kopi yang berkaitan dengan energi dan bila di konsumsi terlalu banyak malah bisa membuat kecemasan, gugup serta gelisah. Sehingga konsumsi kopi berlebih malah bisa membuat kita tidak terbantu oleh kopi.

Insomnia

Selain kecemasan dan gugup ada juga efek kopi berlebih yang cukup krusial yaitu insomnia. Kafein mampu membuat kita terjaga dari tidur. Bila berlebih, hasilnya akan menjadi sulit tidur dan membuat kualitas tidur kita menurun. Pemilihan waktu meminum kopi dan jumlahnya harus menjadi fokus utama agar kopi tetap bisa menjadi andalan untuk membuat kita tidak tidur, tapi tetap tidak menggangu jam tidur kita.

Masalah pencernaan

Meminum kopi akan membantu perut bergerak. Efek kopi dikaitkan dengan suatu hormon yang di produksi lambung untuk mempercepat aktivitas di tubuh. Karena itu kopi membuat gerak usus kita meningkat dan menyebabkan buang air besar atau bahkan bisa sampai membuat kita mengalami diare.

Related Blogs

    Share