Mocca_2005

MOCCA adalah salah satu band paling berpengaruh dalam perkembangan industri musik independen tanah air, khususnya di kota asal mereka, Bandung. Sejak kemunculannya pada akhir dekade 90-an, band beranggotakan Arina (vokal, flute), Riko (gitar), Indra (drum) dan Toma (bas) itu telah banyak menuai prestasi dan apresiasi dari para penggemarnya.

Sesuai dengan musik easy listening bernuansa swing dan indie pop yang diusungnya, para penggemar Mocca berasal dari berbagai kalangan, tak hanya kaum muda tapi juga orang tua hingga anak-anak. Jumlahnya pun tak terhitung karena tak hanya terdapat di tanah air, tapi juga hingga mancanegara seperti Korea Selatan, Jepang dan lainnya. Itu karena mereka kerap diundang tampil di negara-negara tersebut.

Pada 2007, sejumlah penggemar dari Bandung dan sekitarnya berkumpul, mendirikan suatu organisasi atau fanbase untuk mengorganisir pergerakan para penggemar Mocca yang tercerai-berai. Hingga kini, fanbase yang diberi nama Swinging Friends terus setia mengikuti pertumbuhan band yang dicintainya itu.

Kolaborasi keduanya seakan tak terpisahkan. Tak hanya dengan mengapresiasi karya-karyanya, SF juga banyak mendorong para personel Mocca untuk tetap bermusik dan mengeluarkan karya. Antusiasme SF terbukti saat Mocca menyatakan beristirahat dari panggung hiburan, 2011 lalu, hingga waktu yang belum diketahui. Keputusan itu menyusul kepergian Arina ke Amerika Serikat mengikuti sang suami.

Namun, karena dorongan yang kuat dari para penggemarnya, Mocca pun akhirnya kembali hadir di Indonesia, setidaknya beberapa bulan dalam satu tahun. Selama masa kepulangan Arina ke Indonesia, Mocca menjalani serangkaian konser untuk memenuhi kerinduan para anggota SF di berbagai daerah di Indonesia.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan para anggota SF yang berdasarkan sensus internal 2014, mencapai hampir 1000 anggota terdaftar. Mereka mengorganisir suatu acara yang didedikasikan khusus untuk band idolanya. Acara berbentuk konser “tribute” itu juga menjadi ajang perekrutan, perkenalan dan pengerat tali silaturahmi di antara para anggota SF.

Lucky Friday Night

Tahun ini, acara serupa kembali digelar di kota kelahiran Mocca, kota kembang. Berbeda dari konser yang diinisiasi SF sebelumnya, kali ini mereka mengemas dengan format yang lebih meriah. Hal itu terlihat dari lokasi acara yang berukuran cukup luas di Padepokan Seni Mayang Sunda Jalan Peta Kota Bandung.

Konser kolaborasi Mocca dan SF yang diberi judul “Lucky Friday Night” diprediksi lebih meriah dan berkesan. Selain menghadirkan penampilan pamungkas dari band Mocca, seperti konsep awalnya, acara ini juga diisi penampilan sejumlah musisi dan band indie Kota Bandung membawakan lagu-lagu milik Mocca.

Para pengisi acara kali ini antara lain, band Littlelute, Chips4breakfast dan penampilan fingerstyle gitar dari Indra Kusumah yang merupakan gitaris band Bandung Inikami Orcheska dan Twisterella. Acara semakin lengkap dengan kehadiran grup pemusik berangotakan para SF, bernama Kelas Mocca. Para pengisi acara akan menampilkan kreasi musik ciptaan Mocca dengan aransemen berbeda mulai dari folk, klasik instrumental, elektronik pop hingga musik orkestrasi sederhana.

Selain untuk membuktikan loyalitas dan penghargaan terhadap band yang menginspirasi para SF, acara ini juga dijadikan semacam pesta perayaan ulang tahun yang ke-15 band Mocca dan ketujuh bagi SF. Tak heran, peringatan hari jadi mereka membuat konsep dekorasi acara dibuat layaknya suatu pesta ulang tahun yang meriah dan penuh keakraban.

Bagi SF, Mocca tak lagi dipandang sebagai suatu grup yang membawakan karya-karya musik memanjakan telinga. Mocca adalah sahabat dan panutan, inspirasi bagi para penggemar yang sudah dianggap sebagai personel kelima dalam band tersebut.


Related Blogs

    Share