tes

Indonesia Raja adalah sebuah kegiatan pembentukan jaringan kerja, yang dilakukan melalui kegiatan pertukaran program film pendek, berdasarkan wilayah atau kota di mana film-film pendek tersebut diproduksi ataupun asal sutradara dan produsernya.

Program kerja Indonesia Raja diinisiasi Minikino pada tahun 2015 dan tahun ini memasuki usia kegiatannya yang ke 3. Program ini sejak awal memang dirancang dan diluncurkan untuk menjadi kegiatan tahunan.

Setiap tahun, agenda kerja yang dilakukan terbagi menjadi 3 tahap, yaitu tahap seleksi untuk mencari programmer film pendek, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan program dan kemudian terakhir adalah kegiatan puncaknya, yaitu penyebaran program-program ini kembali ke masyarakat melalui acara-acara pemutaran dan festival film di seluruh Indonesia.

Khusus tahun ini, persyaratan pendaftaran programmer diperketat dengan kewajiban menulis sebuah essay pendek mengenai perkembangan produksi film dan film pendek di wilayah masing-masing.Langkah ini dipertimbangkan untuk membuktikan bahwa para programmer memiliki kepedulian terhadap kegiatan film dan film pendek di kotanya masing-masing. Proses penulisan juga mendorong para calon programmer untuk membuka kontak lebih awal dengan para pembuat film di wilayahnya masing-masing.

Indonesia Raja 2017 baru saja memasuki tahap ke 3, menghadirkan 12 programmer dan timnya, menghasillkan 12 program pendek dari berbagai kota dan wilayah di Indonesia, yaitu Aceh, Bali, Banjarmasin, Cirebon, Gresik, Jakarta, Purbalingga, Semarang, Sumbawa, Surabaya, Tangerang dan Yogyakarta. Masing-masing program telah dilengkapi dengan pengantar tertulis dari masing-masing programmer, dan siap untuk ditayangkan.

Program Indonesia Raja sampai saat ini tidak melibatkan kompensasi finansial diantara para pihak yang bekerjasama. Bentuk hak dan kewajiban yang terjadi adalah komunikasi yang terbuka dan disiplin, serta kewajiban bagi penyelenggara pemutaran untuk membuat laporan berupa data jumlah penonton dan laporan tertulis mengenai situasi diskusi yang terjadi.

Program Indonesia Raja adalah milik masyarakat namun sekaligus bersifat eksklusif, karena secara terbatas hanya bisa digunakan untuk acara pemutaran film yang bersifat terbuka untuk umum. Program ini tidak dipinjamkan untuk kepentingan perorangan, kecuali untuk kepentingan-kepentingan yang sangat khusus, misalnya kepentingan riset dan penulisan yang hasilnya dianggap bisa berguna untuk para pihak yang terlibat.Selengkapnya mengenai program, judul film, sutradara serta sinopsis dapat dilihat di:
http://minikino.org/indonesiaraja/id/program-film-pendek-indonesia-raja-2017/

==========================================================================

Minikino

minikino.org

Related Blogs

    Share