MIDNIGHT MANEUVER - SAVASANA PROFILE PIC

Midnight Maneuver adalah duo electronic DJ dan Produser yang digawangi Armand Mambo dan Muhammad Iqbal. Armand Mambo adalah mantan vokalis band british pop dari Bandung, Peanuts, di era 90-an. Setelah vacuum bermusik hampir satu dekade lebih, Armand, yang akrab dipanggil “Mambo” (nama marga keluarganya) memutuskan untuk kembali berkecimpung dalalam samudra musik Indonesia, dengan menggaet Muhammad Iqbal alias Abay, gitaris dan vokalis band duo Blau, sebagai rekan bermusik.

Kedua pria ini bertemu di Tattva Studio milik Yoga Nineball (yang juga mantan gitaris Peanuts). Setelah saling memahami selera musik masing-masing, keduanya sepakat untuk membentuk sebuah grup duo electronic yang mengusung pelbagai genre dan subgenre yang mereka minati sebagai acuan dalam berkreasi. Karena konsep yang diusung DJ-set, maka Midnight Maneuver pun tak pelak sering meramaikan acara dalam lingkungan musik electronic di beberapa klab malam, khususnya di Bandung, dengan memainkan track-track yang mereka sukai seperti house, disko, dan beberapa subgenre lainnya.

Project yang pertama digarap Midnight Maneuver adalah single yang berjudul “Savasana”. Judul ini terilhami oleh salah satu pose dalam meditasi India kuno (yoga). Di single ini mereka mengajak Miss Happy, vokalis wanita asal Bandung, untuk mengisi vokal agar suasana lagu menjadi lebih tenang dengan nada vokalnya yang rendah. Terdengar balutan nuansa jazz, soul, dan pop yang coba dihadirkan di dalam single ini.

Pengerjaan rekaman-mixingmastering dilakukan di Tattva Studio milik Yoga NINEBALL Patria. Lirik lagu ini ditulis oleh Armand Mambo, sementara musiknya oleh Abay. Dengan lirik yang puitis namun tetap ringan, Armand mencoba meluapkan keresahan pribadi dalam mencari ketenangan jiwa di usia yang tak bisa dibilang remaja lagi. Dan kondisi batin ini pararel dengan kata savasana, sehingga dirasakan mampu mewakili konsep lagu yang berbicara tentang proses pencarian ketenangan jiwa yang dimaksud.

Mendengar lagu berdurasi hampir lima menit ini dijamin membuat kondisi psikis yang resah atau lelah menjadi mereda tenang. Dengan struktur yang nge”pop” (baca: tak njelimet) serta tekstur sound yang cozy, lagu ini memang dirancang sebagai repertoar yang uniseks, yang bisa dinikmati oleh semua jenis kelamin (walau tak semua kalangan serta usia bisa cepat tanggap memahaminya).

Tak ada maskulinitas pada lagu ini, malah cenderung feminis—ditambah dengan kehadiran vokal elegan Miss Happy. Yang segera terasa adalah nuansa adem, rileks, nada-nada yang mengendorkan otot dan syaraf yang tegang oleh kebisingan kota dan kesibukan kantor yang kerap membekukan kemanusiaan.

Dengan pola verse – chorus – verse – chorus, serta komposisi keyboard, drum midi, nada vokal yang ringan sekaligus dewasa, single ini berhasil mencerminkan latar belakang si musisi yang memproduksinya: kaum urban dalam masyarakat industri yang berupaya mengorehngoreh makna otentik dari hidup ini; warga kota yang tak cukup bahagia dengan siklus nine to five setiap hari sebagai kelas pekerja dan karenanya ingin mengisi kekosongan jiwa dengan menguak (kembali) relung-relung estetika yang (sempat) dimatisurikan.

Single ini merupakan jalan meditasi bagi jiwa-jiwa yang lelah oleh orasi politik, tagihan bulanan, problema keluarga, serta drama hubungan dengan pasangannya. Lagu ini dapat dijadikan alternatif (walau bukan jawaban pasti) bagi batin-batin yang tak cukup merasa tenang dan senang dengan hanya mengomsumsi khotbah dogmatis atau janji-janji spesial dan iklan berbunga-bunga dari langit. Karena DNA kita, sudah menjadi hukum semesta, akan terus menyimpan zat dan senyawa yang merangsang daya cipta, energi bagi manusia dalam melahirkan perabadan; dan salah satu syarat peradaban adalah berkembangannya seni—termasuk musik.

Membuat musik, baik analog maupun digital, itu urusan ilmu fisika, sementara meramu rasa menjadi aransemen lagu adalah urusan ilmu kimia. Dan Midnight Maneuver adalah contoh yang baik bagi dua ungkapan filsuf kesohor asal Jerman, F. Nietzsche: “Tanpa musik, hidupakan menjadi kesalahan” dan “Orang harus tetap memiliki kekacauan dalam dirinya untuk dapat melahirkan bintang yang menari.”

Midnight Maneuver – Savasana

================================================================================

For more info:

midnightmaneuver@gmail.com

Instagram: midnightmaneuver

Facebook: midnightmaneuvermusic

Related Blogs

    Share