S__3129483

Scena musik Indonesia memang cukup beragam. Berbagai genre mewarnai perjalanan sejarah musiknya beberapa tahun belakangan. Banyak band – band berkualitas yang muncul dari berbagai kota. Salah satunya MDAE, band post punk yang berasal dari Yogyakarta.

Berawal dari teman sekolah, dan bergabung dalam ekstrakulikuler yang sama. Akhirnya muncul keinginan untuk membentuk sebuah band yang diberi nama MDAE pada April 2008 silam. MDAE sebenarnya adalah singkatan dari My Dear Are Enemy. Namun semenjak tahun 2010 mereka tidak menggunakan nama itu lagi karena merasa lebih nyaman hanya disebut MDAE saja.

Di awal terbentuk, MDAE sebenarnya memiliki formasi 4 orang. Namun salah satu dari  personil mereka mengundurkan diri karena ada kesibukan pribadi. Hal tersebut menyebabkan MDAE mengubah konsep mereka dengan format tiga orang yang berjalan hingga saat ini.

Band yang beranggotakan Yoga Cipta Kristianto (Vokal/Gitar), Adwiyan Prio Darmawan (Drum), dan Aldrin Yudha Pradana (Bass) mengusung konsep musik Noise Rock Post Punk. Awalnya, musik mereka banyak terinfluence dari band – band post punk era 70an seperti Joy Division dan Interpol. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman, warna musik mereka saat ini banyak terinfluence oleh band seperti Shellac, APTBS ( A Place to Burry Stranger), dan Unwound.

Pada tahun 2013 lalu, MDAE sempat merilis album pertama mereka yang bertajuk “Lima” dalam bentuk rilisan fisik CD. Namun pada tahun 2014 album “Lima” dirilis ulang lagi oleh ruang kecil record dalam bentuk kaset. Nama lima sendiri dipilih karena waktu perilisan album ini bertepatan dengan tahun kelima MDAE terbentuk. Berisi sepuluh amunisi andalan mereka yaitu E!, Provocation, Track 105, Berputar, Pekerja, Son Of A Gun, Nafas Berat Dalam Ajal, Pelacur, Game Over, dan Lima Lima Lima.

Untuk materi dan lirik, MDAE banyak bercerita tentang kehidupan sehari-hari. “ Liriknya sih sebenarnya terinspirasi dari pengalaman pribadi masing-masing. Makna dari liriknya juga lebih kepada  kita mengomentari kehidupan yang kita jalani sehari-hari.” Ujar Yoga kepada MAVE saat ditemui di Hardcase Cafe Yogyakarta.

Untuk project terdekat MDAE berencana untuk merilis 2 lagu ditahun ini. Nah buat kalian yang penasaran dengan lagu-lagu mereka, kalian bisa cek di https://soundcloud.com/mdae_mdae

================================================================================

MDAE

Soundcloud : https://soundcloud.com/mdae_mdae

Teks : Bayu Suardi

Related Blogs

    Share