maxresdefault

 

Manekin atau maneken atau aslinya dalam bahasa Belanda, manekijn, adalah istilah untuk boneka yang digunakan sebagai peraga busana yang tujuannya menarik perhatian publik untuk melihat dan membeli. Istilah yang kemudian dicomot sebagai nama band powerviolence/hardcore punk asal Palembang,MANEKIN, yang menjadikan musik dan liriknya sebagai medium protes dan kritik sosial politik, termasuk konsumerisme yang menjadikan manusia hanya sebagai peraga budaya konsumtif; dalam siklus lahir, konsumsi dan mati. MANEKIN meneriakkannya dengan intens dan keras dalam agresi berisik yang dipengaruhi band seperti Los Crudos, Warthog, Infest, Romantic Gorilla.   

 

Dibentuk tahun 2013 lalu, MANEKIN, sempat merilis sebuah Raw Demo berisi lima lagu pada tahun 2015. Sekedar catatan personilnya juga terlibat di kolektif Spektakel Klab dan juga band lain seperti Holiday Suckers dan Black//Hawk. Memperkuat eksistensinya di kancah hardcore punk lokal Palembang,MANEKIN, merilis album debutnya Dead Violence Society yang berisi sepuluh lagu yang dirilis dalam format kaset. Persembahan penuh perdana yang dirilis dengan kerjasama antara Rimauman Music dan Spektakel Records.

And, for sure this MANEKIN will challenge you with the task to question society and authority, to be human and not to be a soulless mannequin.   

 

http://manekin.bandcamp.com

Related Blogs

    Share