flyer Fix Fix

Memasuki tahun 2002, 7 (tujuh) orang penghobi kegiatan di alam bebas yang sering berkumpul di Jl. Plawa 57A Denpasar – Bali, sepakat untuk membentuk sebuah team yang diharapkan dapat mewadahi kegiatan mereka agar lebih ter-organisir dan ter-program, setelah sebelumnya mereka aktif berkegiatan di alam bebas (mendaki gunung, berkemah, tracking, dll) secara spontan dan bersama.

Setelah melalui proses yang panjang dan alot, akhirnya pada tanggal 7 Mei 2002, mereka sepakat untuk menamakan team mereka MAGMA ADVENTURE TEAM, dengan beranggotakan 7 (tujuh) Orang. Bersamaan dengan waktu itu, diresmikan juga slogan dari Magma Adventure Team yaitu EXPLORE AND GET MORE yang dalam Bahasa Indonesia diartikan “Jelajahi dan Dapatkan Kelebihannya (Sensasi)”

Puncak Gunung Agung – Bali , menjadi saksi bisu pendeklarasian Magma Adventure Team pada tanggal 17 Agustus 2002 dengan penambahan beberapa anggota baru serta dengan konsep dan misi yang lebih jelas yaitu turut menjaga kelestarian alam dan menikmatinya dengan bijak.

Magma diambil dari istilah dalam Ensiklopedi Nasional Indonesia yang berarti kumpulan senyawa yang meleleh di dalam perut bumi. Magma memiliki sifat yang bergejolak menembus permukaan bumi untuk mencapai kebebasan

Istilah Magma diharapkan dapat mewakili masing-masing individu anggota Magma yang mempunyai karakter berbeda namun memiliki satu hasrat yang sama yaitu mencari kesenangan di alam, tentunya dalam konteks positif. Dan bila saatnya tiba, bumi akan bergoncang oleh……….Magma.

MENGAPA KPL ?

Sebelum dicetuskan nama kegiatan Kemah Peduli Lingkungan (KPL) pada tahun 2005, pada awalnya muncul keinginan Magma Adventure Team untuk mengadakan kegiatan kemah santai dan menyenangkan pada saat musim liburan panjang Sekolah, dimana kami berharap beberapa teman kami yang bukan anggota Magma & belum pernah berkegiatan di alam bebas dapat ikut serta.

Menjelang masa liburan sekolah, banyak teman kami diluar anggota Magma berkeinginan untuk ikut serta dalam kegiatan kemah santai ini. Seiring waktu, muncul dan berkembang ide-ide kreatif dari anggota Magma untuk menjadikan kemah santai ini lebih menarik dan berkesan.

Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya diputuskan untuk membuat kemah santai ini menjadi kemah yang berkegiatan positif dan menyenangkan, dengan menamakan kegiatan ini Kemah Peduli Lingkungan (KPL).

KPL pertama kali diadakan pada Tgl.18 s/d 20 Juni 2005 yang mengambil lokasi di Resort Taman Wisata Alam Danau Buyan – Tamblingan, Buleleng dengan jumlah peserta 32 Orang yang berasal dari kalangan pelajar SMA.

Suksesnya KPL 2005 merupakan titik awal untuk mengadakan KPL II (2006), KPL III (2007), KPL IV (2009), KPL V (2010) , KPL VI (2011), KPL VII (2012) dan KPL VIII (2013). Dimana setiap pelaksanaan KPL selalu mendapat respon yang sangat positif dari peserta, dimana peserta berharap kegiatan KPL bisa menjadi event tahunan Magma Adventure Team.

Setelah sempat vakum di tahun 2014 tanpa adanya kegiatan KPL, kembali Magma Adventure Team mengadakan KPL untuk yang ke 9 kalinya (KPL IX) yang mengambil lokasi di Resort Taman Wisata Alam Danau Buyan, Buleleng.

KPL kali iini memiliki konsep yang sedikit berbeda dengan KPL-KPL sebelumnya, dimana dalam kegiatan kali ini kan lebih ditekankan tentang keselamatan di alam liar mengingat akhir-akhir ini makin booming-nya kegiatan yang besifat outdoor di kalangan pemuda, maka KPL kali ini akan bertemakan NATURAL SALVATION. Tentunya juga masih membawa intisari dan tujuan utama dibuatnya kegiatan KPL. Selain sebagai wadah kegiatan untuk mengisi masa liburan sekolah, KPL sendiri memiliki tujuan untuk saling mengingatkan kepada semua orang khususnya peserta bahwa betapa pentingnya menjaga kelestarian alam sekitar yang bisa kita mulai dari diri sendiri dan lingkungan sendiri, maka selama 3 hari dan 2 malam itu akan sangat banyak sekali kegiatan, antara lain: Diskusi tentang lingkungan hidup, Sharing tentang Basic Survival Skill, Jungle Tracking, Clean Up Sampah Plastik, Fun Games dan juga pembagian Doorprize. Selain banyak kegiatan diatas, kita juga bisa menambah banyak teman yang akan datang dari seluruh Bali J

Sampai Jumpa di KPL 9 guys..

instapub

Related Blogs

    Share