LOKAL-ITU-KEREN-#2

Seiring dengan berkembangnya electronic music scene di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini, membuat banyaknya produser dalam negeri yang turut meramaikan dengan menuangkan karyanya di genre musik ini. Hal ini tentunya menarik perhatian para produser senior Indonesia untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya untuk mendukung para produser tanah air melalui sebuah movement yang dinamakan LOKAL ITU KEREN.

Berawal dari program streaming Backroom Producer Session yang ditayangkan pada kanal digital youtube, riri.tv, dan Backroom Apps setiap hari kamis pukul 19.00, dimana dalam program ini diputarkan demo lagu yang telah dikirimkan oleh para produser muda dan lagu tersebut akan dikomentari oleh para produser senior dengan tujuan yaitu memberikan masukan yang membangun agar mereka dapat mengembangkan karyanya. Dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan, animo yang ditunjukkan cukuplah besar. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya jumlah demo lagu yang dikirimkan untuk diputar dalam program tersebut dan permintaan untuk datang ke kota-kota mereka dan memberikan masukan serta tips secara langsung.

Dengan melihat animo yang cukup besar juga perhatian terhadap kemajuan electronic music scene di tanah air inilah yang membuat para produser senior tersebut memprakarsai movement LOKAL ITU KEREN. Para produser senior tersebut adalah Riri Mestica, Osvaldo Nugroho, Miko, Fajar Juliawan, DJ Haji Indonesia, dan Angger Dimas. Tidak hanya memiliki tujuan yang sama dengan Backroom Producer Session, melalui LOKAL ITU KEREN para produser senior juga ingin memberikan semangat bagi produser muda di tanah air untuk terus berkarya dan yakin bahwa produksi lokal tidak kalah bagusnya dengan musik produksi luar negeri.

LOKAL-ITU-KEREN-#3

Movement ini bertujuan untuk menyentosakan produksi dalam negeri, jangan sampai kalah bersaing dengan luar. Karena sebenarnya banyak sekali produser muda berbakat di Indonesia namun mereka tidak tahu harus disalurkan kemana lagu-lagu yang telah mereka buat atau bagaimana merilis lagu tersebut” ujar Riri Mestica, DJ dan Produser juga selaku Direktur Utama dari Spinach Records.

Mengusung tagline We Care We Share We’re There, para produser senior ingin mengilustrasikan kepedulian dan komitmennya akan kemajuan electronic music scene di Indonesia, salah satunya dengan memberikan masukan dan tips juga berbagi pengalaman mereka kepada produser muda. Menariknya lagi, movement ini digerakkan tidak hanya dari satu label saja, melainkan hasil kolaborasi DJ dan produser dari berbagai label yang memiliki visi dan misi sama, yaitu men-support local talent, agar gaung yang dihasilkan lebih besar.

Support local talent itu penting sekali, karena kualitas talent kita tidak kalah dengan talenttalent londo itu. Melihat respons yang sangat aktif dan positif dari program acara kita ini, kami semua jadi lebih terpicu lagi semangatnya dalam merencanakan program dan event untuk LOKAL ITU KEREN” tutur Miko, Resident DJ Embassy Jakarta, Wonderbar, dan club adviser dari berbagai club di Jakarta seperti Kampus, Voyeur Illigals Jakarta, Colosseum, dan Level II Foundry.

Angger Dimas, yang merupakan salah satu contoh dari local talent yang berhasil dalam memperkenalkan karyanya dikancah internasional pun menambahkan “Setuju banget, kita memang harus lebih gencar dalam men-support talenta dalam negeri. Ditambah lagi dengan era digital saat ini, peluang dan kesempatan yang bisa didapatkan cukup besar dan sangat terbuka. Yang penting itu usaha dan niat yang pantang menyerah.”

“Dengan semakin banyak submit demo lagunya, kita pun menjadi semakin hafal dan kenal dengan para produser muda, hal ini yang dapat menjadikan hasil karya anak bangsa bisa jadi lebih berwarna, karena tidak dipungkiri kita pun para senior bisa banyak belajar dari produser muda, sehingga pada akhirnya movement ini tidak hanya satu arah, tetapi dua arah. Dan bersama-sama kita dapat membesarkan local talent” tambah Riri lebih lanjut.

LOKAL ITU KEREN EP 1

Bukan hanya gerakan tanpa aksi nyata, LOKAL ITU KEREN memberikan kesempatan pada produser muda untuk dapat merilis lagu mereka dalam mini album LOKAL ITU KEREN EP 1, dimana tentunya lagu-lagu tersebut sudah melalui hasil kurasi dari para produser senior.

Osvaldo Nugroho – DJ dan produser senior dari Locker Media, mengatakan “Dari awal program streaming kita, demo yang dikirimkan terus bertambah tiap minggunya. Dan tidak sedikit pula yang hasil karyannya hanya perlu dipoles sedikit agar lebih matang. Ini menunjukkan bahwa banyaknya produser lokal muda berbakat, dan dari sinilah kita kita merencanakan untuk membuat LOKAL ITU KEREN EP.”

Tujuan utama dari rilis LOKAL ITU KEREN EP adalah agar para produser muda terekspos dan lebih dikenal diantara penikmat musik electronic music di tanah air dan juga memicu mereka untuk terus berkarya dan menghasilkan lagu-lagu berkualitas lebih banyak lagi.

LOKAL ITU KEREN EP 1 direncanakan akan rilis dibawah naungan Spinach Records pada akhir bulan Juni tahun ini dalam format digital dan didistribusikan melalui iTunes, Spotify, Joox dan Beatport. Dan sebagai salah satu bentuk promosi dan support dari mini album ini adalah para

produser senior akan memasukkan lagu-lagu tersebut ke dalam set list mereka dan akan dibawakan pada rangkaian LOKAL ITU KEREN Tour.

LOKAL ITU KEREN TOUR 2017

Walaupun program streaming dan movement ini masih tergolong baru, namun antusias dari target audience sangatlah besar. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pengirim demo lagu dan permintaan untuk mengadakan program Producer Session secara langsung dari produser-produser lokal di seluruh Indonesia. Dari sinilah di tahun 2017 ini, LOKAL ITU KEREN akan mengadakan tour ke seluruh Indonesia.

“Waktu itu sempat bikin kaget juga, ada yang kirim demo lagu dari satu daerah pelosok di Jawa Timur, dan saat kita dengarkan lagunya semua amaze karena lagu tersebut bagus dan cukup matang. Ini menunjukkan tidak hanya Jakarta yang bisa, banyak sekali bakat-bakat yang belum terekspos diluar Jakarta, dan kita ingin membantu mereka agar lebih percaya diri dan tidak patah semangat” Osvaldo melanjutkan.

Selain untuk mempromosikan LOKAL ITU KEREN, di dalam rangkaian tour juga akan terdapat seminar edukasi tentang bagaimana membuat dan mempromosikan lagu, serta berbagi tips and trick untuk menjadi produser handal. Seminar Produser ini akan diisi langsung oleh Riri Mestica, Osvaldo Nugroho, Miko, dan Angger Dimas. Sehingga para produser muda dapat membawa demo mereka dan berdiskusi secara langsung dengan para produser senior. Dalam kegiatan seminar tersebut, para produser senior pun akan mencari satu lagu yang akan dimainkan pada acara malam hari.

Tidak hanya untuk berbagi ilmu, para produser senior pun juga akan menghibur para produser muda dan mendekatkan diri lebih lanjut dengan mengadakan Club Session pada malam harinya. “Sampai saat ini rencananya kita akan jalan kesepuluh kota besar di Indonesia, namun jika ada permintaan lebih lanjut tidak menutup kemungkinan untuk menambah kota tersebut. Untuk jadwal dan update-nya bisa dilihat langsung di Instagram LOKAL ITU KEREN” tutup Osvaldo.

Melalui rangkaian kegiatan ini, harapan utama yang ingin dicapai adalah meningkatnya antusias dan animo para produser muda untuk mengembangkan electronic music scene di Indonesia agar lebih dikenal dikancah musik Internasional, karena LOKAL ITU KEREN.

============================================================================

Instagram : lokalitukeren

Website     : www.lokalitukeren.com

Related Blogs

    Share