0

Adalah Mantradeva, sebuah komik petualangan fantasi bertema etnik Bali. Mengangkat tokoh – tokoh cerita rakyat yang dikemas kedalam media komik dan diracik sebaik mungkin dalam alur cerita maupun sisi design dari komik tersebut. Kudit & Bollo, 2 bersaudara kelahiran Bali yang ada dibalik nama komik Mantradeva ini, akan menceritakan sedikit tentang komik yang sedang hangat keberadaanya di aplikasi Line Webtoon saat ini. Cekidot!

 

Halo Kudit, apa kabar hari ini sedang sibuk apa nih ?
Halo, kabar baik. Saat ini sedang sibuk bikin Line Sticker Mantradeva hehe.

Sebelum bertanya lebih jauh, coba ceritain sedikit dong apasih Mantradeva itu ?
Mantradeva itu sebuah komik shonen bergenre fantasi dengan tema budaya Bali yang terbit di Line Webtoon.

Kenapa dinamain Mantradeva ?
Nama Mantradeva sebenarnya terpikir begitu saja saat menulis skrip ceritanya, karena ceritanya identik dengan mitologi Dewata Nawa Sanga, dan tokoh-tokohnya menggunakan Mantra, makanya dipakai Mantradeva sebagai judul.

Mantradeva banyak mengambil tokoh cerita rakyat Bali, gimana sih proses kreatifnya hingga bisa dituangkan dalam sebuah komik ?
Yang pertama tentu saja kami melakukan riset mendalam tentang tokoh tersebut, baik melalui internet, buku atau narasumber. Setelah itu tokoh-tokoh dalam cerita rakyat Bali akan diredesign, agar sesuai dengan cerita utama Mantradeva dan tentunya menarik bagi pembaca remaja dan dewasa. Karena tokoh yang diangkat kebanyakan dari cerita anak-anak, jadi harus disesuaikan

Menurut kalian sendiri, gimana sih perkembangan industri komik di Bali saat ini ?
Kalau yang kami lihat, industri komik Bali cukup berkembang dan mulai dilirik oleh audience lokal yang dulunya didominasi komik jepang. Makin banyak author-author bermunculan dan menerbitkan karyanya baik secara indie atau melalui penerbit. Mulai muncul event-event yang didedikasikan untuk komik lokal. Bahkan sudah banyak cosplayer bali yang memerankan tokoh komik lokal saat bercosplay.

Seperti yang kami tahu, Mantradeva saat ini sudah mencapai 40 episode, sejauh ini apa yang biasanya menjadi kendala dalam project Mantradeva ini ?
Kendalanya mungkin ada di bagaimana menyambungkan semua tokoh cerita rakyat bali dalam satu cerita baru, tanpa menghilangkan katakteristik asli tokoh tersebut namun tetap bisa menarik bagi pembaca.

Kira – kira apa rencana kalian dalam waktu dekat ?
Untuk Mantradeva, kami berencana ekspansi ke media lain, dimulai dari stiker dan merchandise, ada juga boardgame, selanjutnya mungkin video game.

Okay, last words ?
Last word ya? Untuk kalian pemuda-pemudi Bali yang suka bikin komik, jangan ragu untuk publikasikan karyamu, jangan menunggu jago, jangan disimpen karyanya sampe berdebu, dan jangan mudah patah semangat. Membangun fanbase harus dilakukan sejak dini, selama konsisten berkarya, pasti akan besar dengan sendirinya.

 

all teks Dedybondet Photo Mantradeva

3

Related Blogs

    Share