img_3165

Local Heroes kali ini bakal ngebahas tentang dunia para drummer. Adalah Agus Cahyadi atau kerap disapa Guz Cilix kala diatas panggung. Drummer dari band kebanggaan Bali Natter Jack dan Trojan ini bakal mengulas sedikit gear yang digunakan pada saat dipanggung dan juga bakal bagi – bagi tips & trick seputar dunia drum. Langsung saja simak interview santai  Mave dengan pemuda kelahiran Bali ini.

 

Halo Guz Cilix, apa kabar ? sedang sibuk apa nih sekarang ?
Halo, Kabar baik gaes, lagi sibuk menuntut ilmu dan memperkaya bos (bekerja untuk orang) dan sibuk sama 2 band tercinta Natterjack dan Trojan.

Bisa ceritain dong, sudah bermain musik sejak kapan dan awalnya gimana ?
Saya start main musik dari umur 2 tahun tapi startnya main gamelan dulu broh. Cinta tradisi Bali. Terus mulai main drum itu SMP kelas 2 ya gara – gara sekolah sering bolos tapi bolos nya ke studio temen ya masih bisa di bilang bolos positif lah. Terus dari sana sampe sekarang main drum.

Oh iya, influence yang mempengaruhi Guz Cilix dalam bermusik khususnya drum itu siapa aja sih ?
Influence pertama kalo pas SMP mulai main drum sih liat Joey Jordison sama Travis Barker pastinya kalau drummer lokal sih sukanya Yoyo Padi sama Pakde Jrx lah.

Kalo lagi diatas panggung biasanya set drum/gear yang di pake itu apa aja ?
Kalo di panggung ya kalo sama Natterjack sama Trojan beda settingan drum yang pasti KaloNatterjack aku pake single bass drum, single rack tom, single floor tom, 1 snare, 1 hi hat 1 crash 1 ride 1 chinese cymbal. Tapi bedanya kalo di Natterjack aku pake crash sama ride yang sizenya gede ya menyesuaikan karakter band lah biar lebih low soundnya. Kalo Trojan, nah ini nih settingnya bikin lemes sebelum perform 2 bass drum, 2 tom tom, 1 floor rom, 1 snare, cymbalnya ada 1 hihat, 2 crash, 1 ride, 2 chinese, 1 splash, 2 stack. Ribet kan? Makanya jgn main metal dijamin nyesel 😀

Boleh kasi tips & tricknya untuk yang baru mau belajar drum dong ?
Tips and trick kalo mau main drum ya rajin berlatih aja walaupun aku sebenernya males latihan tapi jangan ditiru ya malesnya hehe. Pokoknya latihan dengan sabar. Jangan terburu – buru. Gak ada yang instant semua butuh proses dan perjuangan. Bergaulah sebanyak – banyak nya sama drummer atau musisi lain, jangan cepat puas dan pake ilmu padi. Jangan sombong. Jangan sombong sama ilmu. Apalagi ya, itu aja kayaknya dan ingat selalu ngontal untuk nyari inspirasi hahaha

Selain bermusik, kegiatan nya apa aja nih kalo boleh tau ?
Selain main musik ya aku lagi mengejar gelar sarjana dari 2005 sampai sekarang gak kelar – kelar S1-nya. Kalo ini sih prestasi namanya bagi ku kuliah 11 tahun haha. Terus aku kerja juga di salah satu sekolah musik di Denpasar.

Untuk kedepannya, kira – kira apa harapan Guz Cilik untuk skena musik Bali ?
Untuk skena musik bali apa ya takut salah ngomong hahaha. Pokoknya maju lah band indie bali, jangan sampai ada perselisihan, mari maju sama – sama dan jangan saling menjatuhkan. Itu aja sih.

Okay, Last word ?
Mau apapun genre musik yg kalian mainin just keep on drumming.

 

Instagram : Guzcilix

Youtube : Guzcilix

all teks DedyBondet photo Regentara

Related Blogs

    Share