630xauto-lexus-hoverboard-papan-skateboard-yang-bisa-melayang-di-udara-150807g-004-rev1

SOOPERBOY – Masih ingat dengan film Back to The Future? Dalam film tersebut terdapat seorang tokoh bernama Marty McFly yang memiliki mainan berupa papan skateboard yang bisa melayang. Nah, siapa sangka bahwa skateboard melayang itu kini benar-benar ada? Wow!

Adalah Lexus, pabrikan mobil mewah asal Jepang yang memproduksi papan skateboard tersebut dengan nama Lexus Hoverboard. Kemunculannya pun sontak meramaikan jagat jejaring sosial. Kendati demikian, tak sedikit yang menganggap bahwa Lexus Hoverboard hanyalah trik dagang dari Lexus sendiri.

 

Pada prinsipnya, Lexus Hoverboard dibuat dengan melihat prinsip magnetik (magnetik levitation), di mana jika kedua kutub yang sama coba disatukan nantinya akan menolak satu sama lain. Berukuran panjang 92 cm, lebar 22 cm, dan memiliki tebal 9 cm, Lexus Hoverboard memanfaatkan gaya tolak magnetik tersebut lewat sebuah kumparan superkonduktor di bagian bawah yang didinginkan hingga minus 197°C dengan cara merendamnya dengan nitrogen cair.

Hal tersebutlah yang membuat papan ini mengeluarkan asap (dingin). Dalam memproduksiskateboard yang dapat melayang ini, Lexus bekerja sama dengan tim ilmuwan Jerman dari IFW Dresden dan Evico GmbH yang ahli di bidang teknologi maglev.

630xauto-18380-lexus-hoverboard-papan-skateboard-yang-bisa-melayang-di-udara-150807g-002-rev1

Di satu sisi, penggunaan prinsip maglev memang berhasil membuat papan skateboard itu dapat melayang beberapa senti di udara. Akan tetapi, lantaran itu pula Lexus Hoverboard hanya dapat dimainkan di lahan khusus yang mengandung medan magnet. Lexus pun sempat mendemonstrasikan skateboard hasil pengembangannya itu di sebuah lahan khusus di Barcelona, Spanyol.

Meski sensasional, sejatinya Lexus Hoverboard bukanlah skateboard pertama yang dapat melayang. Sebagaimana berita yang dilansir Bloomberg, Rabu (4/08/2015), salah satu perusahaan dari Amerika bernama Arx Pax pada tahun lalu pernah membuat benda serupa yang disebut Hendo Hoverboard. Arx Pax ketika itu berhasil menghimpun donasi lebih dari US$500 ribu melalui sebuah kampanye untuk merealisasikan Hendo Hoverboard yang mampu mengapung selama 10-15 menit menggunakan baterai yang diisi selama satu hingga dua jam.

Related Blogs

    Share