LAUK TERFAVORIT DI ANGKRINGAN

bodySATE

Belum sah ke angkringan kalo kamu ga nyobain lauk dari daftar ini. Jika berkunjung ke Yogyakarta, tak asing bila kita mendengar kata angkringan. Yup, angkringan merupakan warung makanan kaki lima menggunakan gerobak yang buka saat malam hari dan sangat populer di sekitar kota Jogja maupun Solo. Padahal tempat makan ini bukanlah berasal dari Jogja apalagi Solo,  melainkan Klaten yang pada awal nya  angkringan menjual makanan terikan (makanan dari Jawa Tengah dengan kuah kental dan memiliki lauk tempe atau daging). Namun seiring berjalanya waktu, angkringan berkembang dan memiliki beragam macam lauk. Berikut 5 lauk terfavorit yang tersedia di angkringan.

  1. Aneka Sate

 Sate

Makanan yang satu ini sangat berbahaya, tidak cukup hanya mengambil satu untuk menikmatinya, sering membuat banyak orang kalap dan tergoda hingga yang seharusnya makan murah malahan jadi bayar cukup mahal. Terdapat beragam sate yang biasa dihidangkan angkringan, diantaranya sate usus, sate ati ampela, sate kulit, sate kerang, sate telur puyuh dan masih banyak lagi. Bahkan banyak angkringan menambah ragam macam sate contohnya seperti sate nugget bahkan sate tempura. Biasanya bisa dinikmati langsung atau dengan cara dibakar terlebih dahulu, yang pasti rata-rata sate sudah dibumbui manis.

  1. Tahu dan Tempe Bacem

 Tahu Tempe

Bumbu manis atau baceman sangat sering dipakai untuk meresapi makanan khas Jawa Tengah. Tak heran bila tahu dan tempe bacem menjadi makanan idola yang populer di angkringan. Berwana coklat gelap dan sudah disajikan dengan matang, makanan ini bisa langsung dinikmati dengan nasi kucing atau nasi bakar. Bahkan sama dengan sate, tahu dan tempe bacem juga bisa dinikmati dengan cara dibakar terlebih dahulu. Eitss tak lupa potongannya  dari tahu dan tempe bacem biasanya sangatlah besar.

  1. Ayam

 Ayam

Lauk yang satu ini juga sering di temui di angkringan. Yup, dengan bumbu bacem ayam di sajikan dari potongan kepala sampai ujung kaki alias ceker. Tetapi kebanyakan angkringan lebih banyak menyajikan kepala, leher dan ceker karena terbilang murah sehingga banyak yang beli.

  1. Gorengan

 Gorengan

Makanan yang memang mudah kita temui di jalan, disajikan juga di angkringan. Biasanya gorengan ditawarkan sebagai cemilan maupun lauk teman makan nasi kucing juga nasi bakar. Gorengan yang biasanya ada terdiri dari bakwan, tahu isi, tempe  goreng, tahu baso (jika berada di daerah sekitar Semarang) juga pisang goreng.


Related Blogs

    Share