L'Alphalpha1

Setelah rehat selama hampir genap 2 tahun, grup band asal Jakarta, L’Alphalpha (baca: alfa-alfa) membuat pengumuman lewat sebuah single baru berjudul ‘Batas’ dan bergabungnya 2 anggota baru. Band yang terbentuk sejak 2006 ini menyatakan siap aktif kembali dengan arahan yang baru.

Berbeda dengan dengan rilisan-rilisan sebelumnya, lagu ‘Batas’ dinilai sebagai lagu dengan isian gitar yang cukup dominan ketimbang lagu-lagu pendahulunya. “Dengan berubahnya format anggota grup kami, terjadi penyesuaian proses kreatif dalam segi musik. ‘Batas’ adalah lagu perdana yang melibatkan 2 anggota baru kami, Dimas Wisnuwardhono pada lini gitar dan Yudhistira Haryadi pada drum”, sahut Yudishtira Mahendra, bassist dan ‘Yudish’ pertama yang tergabung di dalam grup L’Alphalpha.

Lewat perpaduan sound post-rock dari album pertama (“When We Awake All Dreams Are Gone”) dan notasi pop dari album kedua (“Von Stufe Zu Stufe”), lagu ini dianggap dapat menjadi penengah bagi pendengar kedua album tersebut.

Mulailah berkaca dan kenali siapa dirimu, Lawan segala rasa takutmu lewati batasmu. Lagu ini tentang bagaimana saya secara personal merasakan perubahan di sekitar saya, yang belakangan menyadarkan bahwa hanya saya lah yang belum berubah. Lagu ini pun merupakan bentuk pencarian jati diri dan dorongan buat saya. Jika Kunto Aji mengajak untuk berkaca dan mengenal perasaan, lalu Hindia mengajak menerima diri, L’Alphalpha bersifat mendorong untuk maju dan lebih baik.” tulis Herald Reynaldo, vokalis dan penulis lagu ‘Batas’.

Hal ini pun beriringan dengan keadaan personil lain terkait 2 tahun L’Alphalpha berstatus non-aktif. Setiap personil memiliki kesibukan dan pertarungannya masing-masing. Satu personil mundur dari grup, satu personil baru melahirkan, lainnya pun memiliki kesibukan yang harus diprioritaskan.

Dalam proses rekaman lagu ‘Batas’, L’Alphalpha mengajak Pandji Dharma dari grup band noise rock Sirati Dharma untuk menjadi co-producer. Pandji dianggap sanggup untuk menerjemahkan arahan baru L’Alphalpha yang lebih bernuansa indie rock. Lewat tangannya pula, lagu ini berhasil menyajikan komposisi gitar yang lebih dominan pada lagu L’Alphalpha yang sebelumnya memiliki karakter halus dan harmonis.

Single “Batas” sudah dapat didengarkan secara resmi pada layanan streaming musik per tanggal 13 Desember 2019.

=======================================================================================

For more info

Instagram: @L_alphalpha


Related Blogs

    Share