merapal02

Nyaris setahun pasca merilis debut album Kurun pada November 2018 lalu, Kota & Ingatan merilis kembali album penuh mereka dalam format studio session, Merapal Kurun. Merapal-kan kembali catatan demi catatan dalam album Kurun, Kota & Ingatan memainkan 9 dari 10 catatan album ini secara live. Alur didapuk sebagai catatan pembuka sesi Merapal Kurun yang dirilis via Youtube pada Rabu (28/08). Direkam pekan akhir Juli, di Jogja Audio School (JAS), Kota & Ingatan menggubah set studio langganan banyak musisi Jogja ini menjadi sedikit berbeda.

”Tantangannya, gimana merubah studio JAS agar terlihat nggak biasa? Karena ada banyak banget musisi yang bikin studio session di JAS, dengan set yang nyaris sama,” ungkap Aditya Prasanda, pelafal teks kugiran yang berdiri pada medio awal 2016 tersebut. Aditya menambahkan, ”Di situlah muncul gagasan menutup area-area paling familiar di JAS dan menembakkan proyektor di satu sisi studio. Meski di lapangan, ada beberapa spot khas JAS yang tak terhindarkan dan terekam.”

Selain Alur, terdapat 8 catatan lain yang akan diunggah Kota & Ingatan secara berkala melalui kanal Youtube mereka. Menariknya, hanya Memoar, single pembuka album Kurun yang tidak disertakan dalam sesi live ini. ”Kami terkendala waktu, meski sudah direncanakan jauh hari, ekseskusinya tetap mepet dan terburu-buru. Jadi ngga sempat ngulik Memoar,” jelas Maliq Adam, gitaris sekaligus multi instrumentalis Kota & Ingatan.

Rekaman studio session, Merapal Kurun sekaligus menjadi ajang temu kangen, merayakan kepulangan sejenak pembetot bass mereka, Addie Setyawan yang bermukim dan melanjutkan hidup di Meksiko. Tak hanya itu, Merapal Kurun juga menjadi sesi pertama Kota & Ingatan memainkan fullset debut album mereka secara live. Sejak terbentuk tahun 2016, di antara kelindan aktivitas personelnya yang begitu cabar, Kota & Ingatan mengisi sejumlah panggung di Yogyakarta.

Setiap tahun, Kugiran yang beranggotakan Herda Mukti Setiyawan (gitar), Addie Setyawan (bass), Maliq Adam (gitar), Aji Prasetyo (drum) dan Aditya Prasanda (pelafal teks) ini rutin merilis single. Kurun merupakan debut album penuh mereka.

=======================================================================================

For more info

Instagram: kotadaningatan

Facebookkotadaningatan

Related Blogs

    Share