koil-body2

KOIL // MERILIS ULANG ALBUM “BLACKLIGHT” DALAM FORMAT CD

Band rock industrial asal Bandung, Koil meluncurkan format Compact Disk (CD) dari versi vinyl album ketiga mereka berjudul “Blacklight” pada Minggu, 24 Oktober 2021. Corak vinyl 12inc terbitan Grimloc dan Snakechram Record tersebut dipadatkan dalam kemasan jewel case oleh label independent satu kotanya, Warkop Musik.

Blacklight” sendiri bisa dibilang menjadi album Otongkoil (vokal), DonnyantoroDonikoil (gitar), F.X. Adam JoswaraVladvamp (bass, synthesizer), dan Leon Ray Legoh (drum) yang acapkali dirilis ulang. Sebelumnya, berbagai versi dan cetakan pernah beredar dipasaran, baik itu CD maupun format kaset pita. Dari mulai Apocalypse Records hingga label kesohor Nagaswara tercatat pernah memproduksi album monumental tersebut. Sedang kali pertama album ini diperkenalkan ke publik adalah dengan moda pendamping (bonus) dari Majalah Rolling Stone Indonesia edisi November tahun 2007.

Dalam hematnya, album yang secara faktual menghabiskan waktu cukup lama dalam penggarapannya—kurang lebih sekitar 6 tahun hingga akhirnya resmi dilepas—ini berisikan track-track megah nan dahsyat seperti, “Kenyataan Dalam Dunia Fantasi”, “Ajaran Moral Sesaat”, “Aku Lupa Aku Lupa”, “Hanya Tinggal Kita Berdua”, “Nyanyikan Lagu Perang”, hingga “Semoga Kau Sembuh Pt.1” dan “Semoga Kau Sembuh Pt.2”.

Sedang CD “Blacklight(Vinyl Version) jelaslah berbeda dengan versi awal ketika album ini diperkenalkan. Setali tiga uang dengan versi vinylnya, album ini  merupakan versi terlengkap “Blacklight“yang pernah ada sejak pertama kali dirilis dalam jumlah 9 lagu. Bahkan, dalam versi terbarunya ini secara sengaja Koil membedakannya dengan versi orisinil vinyl. Untuk versi CD ada beberapa lagu tambahan yang bersumber dari band-band kegemaran mereka yang tidak termuat dalam versi vinyl yang dirilis dua tahun silam tersebut. CD “Blacklight (Vinyl Version) memuat jumlah total 17 lagu.

Blacklight“sendiri secara holistic menawarkan gagasan dan attitude Koil yang nihilistic dan muram. Hal tersebut lantas ditopang dengan pelbagai pengaruh music yang berlatar dari hasil sesembahan mereka terhadap Sex Pistols, NIN hingga Depeche Mode. Pakem-pakem itu kemudian ditunjang dengan balutan lirik monohok, cerdas, lugas dan sinis di saat yang bersamaan.

Harus diakui bersama bahwasanya, sisi aransemen, penulisan lirik, ambience hingga persona. Album ini mencapai titiknya yang paripurna. Dengan taburan kegelapannya yang otentik, “Blacklight” mendulang menjadi capaian terpenting Koil yang sulit dicari tandingannya di kancah musik dalam negeri, bahkan hingga saat ini.

Karenanya, perilisan CD “Blackligt(Vinyl Version) bolehlah dibilang sebagai oase yang kelewat segar bagi penggemar—Koil Killer Klub. Bukan apa-apa, versi vinylnya memang dicetak terbatas dan akses dengarnya menjadi sangat terbatas. Terlebih lagi Koil masih dan berupaya menuntaskan rencana album baru yang entah kapan waktu selesainya. CD “Blackligt (Vinyl Version) adalah alternatif sekaligus penawar rindu yang tentunya sangat sayang jika dilewatkan.

CD Blacklight (Vinyl Version) dibanderol dengan harga Rp. 75.000 yang bisa didapatkan melalui unit dagang Warkop Musik, baik melalui platform marketplace atau media sosial instagram resmi di @warkopmusik. Tersedia juga diberbagai toko musik lokal yang berafiliasi dengan Warkop Musik.

Tracklist – CD Blacklight(Vinyl Version)

01. “Kenyataan Dalam Dunia Fantasi
02. “Semoga Kau Sembuh Part II
03. “Ajaran Moral Sesaat
04. “Aku Lupa Aku Luka
05. “Hanya Tinggal Kita Berdua
06. “Sistem Kepemilikan
07. “Nyanyikan Lagu Perang
08. “Semoga Kau Sembuh Part I
09. “Dan Cinta Kita Terlupakan
10. “Suaramu Merdu
11. “Aku Rindu
12. “Carrying Over (Deadsy Cover)
13. “The Pain Song (Lucyfire Cover)
14. “Temporary Peace (Anathema Cover)
15. “Aku Lupa Aku Luka (Stigmata)
16. “Nyanyikan Lagu Perang (Dominus Vobiscum)
17. “Kenyataan Dalam Dunia Fantasi (Kredo)

====================================================================================

For more info:

Instagram: @koilofficial  @warkopmusik

Youtube: koiltv 

Related Blogs

    Share