kodelineKodaline adalah sebuah band yang terbentuk pada tahun 2012 di Swords, Dublin, Irlandia. Band ini terdiri dari Steve Garrigan (vokalis), Mark Prendergast (gitaris), Jason Boland (basis), dan Vinny May (drummer).

Pada 7 September 2012, Kodaline merilis mini album debutnya berjudul Kodaline EP. All I Want yang terdapat dalam mini album tersebut menjadi lagu yang terpilih sebagai DJ Fearne Cotton’s Record of the Week dari BBC 1, ditampilkan dalam episode dari serial TV Grey’s Anatomy dan Remember the Time, serta menjadi backsong dalam sebuah penghargaan Year in Review Video oleh Google pada tahun 2012. Pada Desember 2012, Kodaline menjadi nominasi di Sound of 2013, sebuah program penghargaan dari BBC.

14 Juni 2013, Kodaline merilis album pertamanya berjudul In A Perfect World dan menghadirkan lagu-lagu hit seperti All I Want, High Hopes, Love Like This, Brand New Day, dan One Day. Pada format iTunes Deluxe Edition, album ini menambahkan sebanyak 4 lagu di antaranya adalah The Answer, Perfect World, Lose Your Mind, dan Latch, serta tambahan 2 video berjudul All I Want (Acoustic Live Video) dan High Hopes (Music Video). Album ini berhasil menduduki chart nomor 1 di Irish Album Charts pada 20 Juni 2013.

April 2014, Kodaline berpartisipasi dalam perhelatan Record Store Day dan merilis lagu milik Paul McCartney berjudul Coming Up dalam format vinyl 7-inch serta lagu All I Want dalam format orkestra. Pada bulan yang sama, All I Want menjadi soundtrack dalam film The Fault In Our Stars. Kemudian pada Juli 2014, Pray dan High Hopes juga menjadi soundtrack dalam film Horns dan Love, Rosie. Desember 2014, Kodaline mengumumkan bahwa mereka akan merilis album terbarunya yang berjudul Coming Up For Air. 8 Desember 2014, Honest dirilis sebagai single pertama dan diunduh di akun YouTube resmi mereka yang pada akhirnya berhasil menempati chart nomor 7 di Irlandia, kemudian disusul lagu Unclear dirilis beberapa hari kemudian.

Pada 9 Februari 2015, album tersebut akhirnya dirilis di bawah label B-Unique Records dan Sony Music Entertainment. Album ini mendapatkan review 51/100 oleh Metacritic, sebuah media kritik terhadap sebuah karya baru seperti musik, film, TV shows, dan semua yang berkaitan dengan entertainment. Setelah kedua lagu di atas dirilis sebagai single, kemudian mereka merilis single terbarunya berjudul The One dan Love Will Set You Free yang tentu saja mendapatkan sambutan baik dari para pendengar dan media.

5 November 2016, untuk pertama kalinya, Kodaline akan mengunjungi Indonesia dan menggelar konsernya di Cikole Pine Fest, Jawa Barat. Ini adalah berita yang sangat baik bagi seluruh penggemar mereka di Indonesia. Indonesian Kodaline Fans atau biasa disebut sebagai Kodaline ID di sosial media sangat antusias menyambut kedatangan mereka. Berbagai langkah sudah dilakukan agar band pujaan mereka merasakan bahwa karya mereka juga diterima dengan baik di Indonesia.

Salah satu apresiasi dari Kodaline ID adalah ingin memberikan persembahan bertajuk Kodaline Night, di mana para fans Kodaline di Indonesia, khususnya Jakarta memainkan lagu-lagu milik mereka. Acara ini sekaligus menjadi ajang pertemuan bagi seluruh fans dan gathering kedua, setelah gathering pertama sukses digelar pada 11 September 2016 yang lalu.

Bekerjasama dengan Negaraya, sebuah event organizer yang sering menangani acara tribute seperti ini, Kodaline ID berharap hal ini mendapatkan sambutan hangat dari para fans Kodaline dan bisa sukses diselenggarakan. Sebagai catatan, Negaraya telah beberapa kali menyelenggarakan sebuah tribute bagi band luar negeri yang akan konser di Indonesia seperti Keane, The Cardigans, The Cranberries, Creed, Paramore, hingga Muse.

Kodaline Night rencananya akan berlangsung dalam format akustik, sehingga para fans bisa menyaksikan dan mendengarkan penampilan dari beberapa band di panggung dengan nyaman. Beberapa media partner juga akan digaet demi meluasnya publikasi dari acara ini dan penonton yang mungkin bukan member resmi dari Kodaline ID tertarik untuk menghadiri Kodaline Night, dan tentu saja diharapkan untuk dapat bergabung juga dengan fanbase yang terbentuk pada tahun 2013 ini.

Dengan adanya bantuan dari berbagai pihak, semoga Kodaline Night bisa diselenggarakan dengan lancar dan berakhir baik. Sampai jumpa di acara. It would be grand!

Indonesian Kodaline Fans

http://instagram.com/kodaline_id

http://twitter.com/kodaline_id

Related Blogs

    Share