robot2

KALABIRU // MERILIS ALBUM “ROBOTANICA”

Setelah beberapa bulan lalu rilis dua single, Kalabiru mempersembahkan album “Robotanica” yang bertepatan pada tanggal 15 Februari 2022. Kalabiru menceritakan progres evolusi kehidupan yang melahirkan peradaban Robosapiens, kisah bagaimana robot mempelajari kecerdasan emosional dari entitas botani yang membuat robot menjadi spesies yang bijak.

Dari album Robotanica yang terdiri dari 10 lagu ini, Kalabiru mengemas konsep Robosapiens yang sebenarnya adalah penggambaran tidak langsung dari kehidupan di masa ini dengan beberapa manusia yang terkadang sulit untuk bisa mengembangkan kecerdasan emosional.

Masih banyak orang-orang yang belum sadar mengenai kecerdasan emosional mereka, namun bagaimanapun kita lebih diajarkan untuk mengejar kecerdasan intelektual. Dengan ini kami berusaha untuk membuka isu tersebut, apalagi dengan angka 20% penduduk Indonesia yang mengalami gangguan jiwa dan bisa bertambah.” ujar Gemilang Ramadhan.

Dalam pembuatan album ini, Kalabiru menggunakan instrumen elektronik yang disatupadukan oleh elemen alam untuk memberikan pengalaman kepada pendengar mengenai konsep Robosapiens yang kental, terutama dalam lagu “Do Android Dreams?dan “Rise of Robosapiens”. Selebihnya, Kalabiru bercerita mengenai kisah emosional sang robot yang mengalami proses metamorfosis menuju entitas yang baru.

robot1

Kali ini Kalabiru tidak sendiri untuk membangun industri musik psikadelia Indonesia, Jugo Djarot turut ikut serta untuk mengisi suara dalam salah satu lagu Kalabiru yang berjudul “Multi-Colours”. Kalabiru pun mempersembahkan video musik Robotanica yang digarap oleh Noodle Films (Didan Faadhilah, Faiz Aditya Rahman, & Gemilang Ramadhan) dan bisa ditonton di Youtube resmi Strangest Records.

Album Robotanica direkam di Strangest Studio, oleh Janu Rahadi sebagai recording engineer dan Gemilang Ramadhan sebagai mixing & mastering engineer. Faiz Aditya Rahman berperan sebagai pembuat artwork. Dengan ini, album Kalabiru, Robotanica secara resmi bisa didengarkan pada layanan streaming pilihan.

=====================================================================================

For more info: 

Instagram: @kalabiru.tapirobot 

Spotify: Kalabiru

Related Blogs

    Share