juggernaut-02

Setelah sebelas tahun, mini album Juggernaut dibangkitkan kembali oleh Rekam Jaya sebagai bagian dari program reissue dan dokumentasi arsip musik. Masa Pertengahan adalah tajuk mini album milik unit stoner rock/metal asal kota Malang, Juggernaut. EP ini sebelumnya pernah dirilis dalam format digital melalui netlabel ReloadYourStereo/Apokalip (2009) dan Megavoid (2012). Kedua arsip tersebut sudah raib ditelan gelombang pasang platform media dan api peradaban tehnologi.

Merasa sayang jika karya rekaman tersebut hilang begitu saja dan hanya sempat dinikmati oleh segelintir orang, maka Rekam Jaya berinisiatif untuk merilis kembali Masa Pertengahan kepada publik luas. Masih dalam format digital melalui kanal Bandcamp, dan juga gratis seperti pertama kalinya dirilis sebelas tahun lalu.Juggernaut merupakan unit stoner rock/metal asal kota Malang. Mereka sejatinya adalah tiga orang anggota dari grup band Skolastik, yaitu Dogolkill, Bayu Cahyo, dan Srik. Secara musikal, Juggernaut mengaku dipengaruhi oleh AC/DC, Led Zeppelin, Black Sabbath, Iron Maiden, Metallica, GNR, Candlemass, High On Fire, Mastodon, Sepultura, Deftones, Soulfly, hingga RATM.

Semangat bermusik dan produktifitas Juggernaut cukup menarik untuk dicermati. Tuntutan rumah tangga, profesi, serta tempat tinggal yang berjauhan tidak pernah menyurutkan niat trio itu untuk berkarya. Ini seperti obsesi berlebih dari karyawan bank, kepala sekolah, dan pegawai negeri yang hanya bisa bertemu paling banyak enam bulan sekali.Materi musik untuk mini album Masa Pertengahan direkam ketika mereka berkumpul pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2009 di studio AA dan 5Art Studio (Malang). Untuk proses mixing dan mastering dikerjakan oleh Elek Taufiq. Dua kawan mereka dari band Sweet Memories, Norman dan Dicky, juga ikut mengisi vokal latar pada lagu “Prajurit Perang”. Ilustrasi sampul EP ini didesain oleh Norman Bahagia dan Dogolkill.

Menariknya lagi, sejak merilis Masa Pertengahan, formasi Juggernaut menjadi sangat luwes dan tidak kaku. Ada beberapa kawan dekat yang kerap membantu proses bermusik Juggernaut, antara lain Noorman (C4), Yusron (Skolastik), dan MX Ibrahim (Skolastik). Mereka berenam sewaktu-waktu bisa berkumpul bersama di teras depan rumah salah satu personel atau studio rekaman untuk membahas proses bermusik Juggernaut selanjutnya.Masa Pertengahan dirilis ulang secara spesial oleh Rekam Jaya melalui kanal Bandcamp sejak tanggal 17 Oktober 2020. Kemungkinan akan dirilis juga dalam format dan platform lainnya ke depan. Proyek ini sekaligus sebagai bagian dari program reissue karya rekaman lawas dan dokumentasi arsip musik yang dilakoni Rekam Jaya. 


=======================================================================================

For more info

Instagram: @juggernaut_mlg_id

Related Blogs

    Share