jose2Perkenalkan José Mujica. Mungkin ia terlihat seperti petani biasa atau seorang kakek. Tidak, pria ini dikenal sebagai “presiden termiskin” karena ia menjalani hidup dengan kerendahan hati, sementara ia memimpin negara Uruguay. Sebagai pria yang sangat peduli kepada rakyatnya, ia tidak mengambil semua gajinya hanya untuk berperan sebagai politikus. Ia mendonasikan sekitar 90% dari gajinya yang berjumlah sekitar $12,000 untuk amal yang disalurkan kepada rakyat miskin dan pengusaha kecil.

jose

jose4

Jose tidak peduli terhadap penampilan dan uang, yang ia pedulikan hanyalah memimpin negara. Maka ia berpenampilan sangat sederhana. Istana Negara Uruguay yang seharusnya menjadi kediamannya sebagai pemimpin negara pun tidak ia tempati.

jose5

jose6

Tidak di Istana Negara, ia lebih memilih tinggal pertanian bersama istrinya. Jose bekerja paruh waktu menggarap lahan pertaniannya. Ia dan istrinya menanam dan menjual bunga. Kendaraan yang dipakainya pun sama sekali tidak mewah, ia mengendarai VW Beetle 1987.

jose7

Ia tidak berperilaku seperti seolah-olah ia lebih baik dari oranglain, presiden negara Uruguay ini bahkan percaya sepenuh hati bahwa ia sama seperti orang lain.

Ketika semua politikus kaya raya sepertinya memerintah dunia, belajar tentang Jose Mujica sangat menyegarkan. :)

Source viralnova
Share