IG POSTING SQUARE POSTER HEY NONA 1

Jonkoppings, grup musik beraliran rock asal Tangerang Selatan telah merilis video musik pertamanya pada Kamis (11/10). Video musik ini adalah lagu yang berjudul Hey Nona!, yang merupakan hasil dari musikalisasi puisi milik Septian Adi S (rekan kuliah gitaris Jonkoppings). Puisi dengan judul asli “Puisi Nona” ini akan menjadi lagu pertama yang dikeluarkan untuk album pertama Jonkoppings yang berjudul Mandatory.

Lewat video berdurasi sekitar tiga menit tersebut, Jonkoppings mengajak masyarakat Jakarta untuk membayangkan kebahagiaan dan keindahan kosongnya kota Jakarta pada malam hari. Digambarkan dengan dua orang remaja yang sedang jatuh cinta sangat menikmati suasana kota Jakarta yang sangat kosong jauh dari distraksi kemacetan serta kendaraan bermotor.

Lagu ini cukup berbeda dengan lagu Jonkoppings sebelumnya, dimana pada lagu ini Jonkoppings banyak dipengaruhi oleh melodi-melodi musik era tahun 90-an. Pada lagu ini Jonkoppings juga mencoba keluar dari zona nyamannya dengan membuat lagu yang lebih melodius dan juga lebih dominan pada elemen vokal. Menurut Ulama Andika (gitar), lagu Hey Nona! juga banyak terpengaruh dari musik-musik band Pop yang ada pada era tahun 2000, dimana tahun tersebut merupakan  tahun-tahun para personel Jonkoppings banyak mengenal musik lewat tayangan-tayangan video klip di kanal televisi lokal.

Gitaris Jonkoppings, Emir Oktarianto mengatakan pada lagu Hey Nona! ini, Jonkoppings banyak memanggil kembali memori-memori musikal para personil saat masih belia ketika menonton video klip-video klip era tahun 2000an. Kemudian mencoba menggabungkan memori-memori tersebut dengan genre musik awal yang sudah Jonkoppings mainkan sebelumnya.

JONKOPPINGS BAND PHOTO 2

Band yang beranggotakan Emir Oktarianto (gitar), Ulama Andika (gitar), Fajar Darmasto (vokal), Fachri Arjuna (drum) dan Aldian Dimas Faturrachman (bass) ini melahirkan musik-musik hasil penggambaran kehidupan anak-anak remaja sehari-hari khususnya pada masa SMA. Dalam tema tersebut musik Jonkoppings banyak dipengaruhi oleh berbagai sub-genre dari musik rock dan genre lainnya seperti Garage Rock, Alternative Rock, Hard Rock, Pop Punk, Punk dan juga Pop Rock . Banyak lagu Jonkoppings yang menceritakan tentang kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang secara tidak sadar dijadikan kewajiban oleh seseorang sehingga menjadi siklus yang terus berputar.

Sebelumnya, Jonkoppings telah merilis dua buah mini album yang berjudul Cigarette (2012) dan juga Enigmatic Girl (2016). Pada kedua mini album tersebut, lewat musik rock yang dimainkannya, Jonkoppings banyak bercerita tentang kehidupan sehari-hari dari anak-anak SMA, waktu dimana para personel Jonkoppings. Menurut Fajar Darmasto (vokal), musik Jonkoppings pada saat itu dapat diibaratkan sebagai diary anak SMA yang dikemas dalam bentuk lagu. Seperti halnya lagu Cigarette yang menceritakan pengalaman pertama seorang anak SMA yang mencoba rokok. Juga lagu Jalan Raya yang menceritakan pengalaman pertama anak SMA ketika baru diperbolehkan menyetir mobil.

==============================================================================================

For more info:

Soundcloud: https://soundcloud.com/jonkoppings

Issuu: https://issuu.com/jonkoppings

Facebook: http://fb.com/jonkoppings

Twitter: http://twitter.com/jonkoppings

Instagram: http://instagram.com/jonkoppings

 

Related Blogs

    Share