Noise, distorsi atau dalam bahasa indonesia diterjemahkan sebagai kebisingan adalah salah satu response terhadap bunyi bunyian melodis yang selama ini kita dengar dan rasakan. Sebelum dikenalnya nada nada harmonis yang diolah dan dirancang sedemikian rupa sehingga bisa enak didengar telinga,manusia mengenal bunyi sebagai suara yang apa adanya. Suara angin, ombak, tetesan air bertemu dengan batu dan suara suara yang lain.

Di era modern saat ini, kebisingan terbentuk dari bermacam macam sumber, seperti hentakan mesin mesin industrial, mesin mobil dan motor, suara di jalan raya, putaran alat elektronik, sirine, efek efek distorsi dan lain sebagainya. Jogja Noise Bombing adalah sebuah kelompok kolektif yang mengonsentrasikan diri untuk membuat bunyi bunyian dan mengolah kebisingan menjadi bentuk karya estetis. Gagasan awal adalah untuk mengolah bunyi dan suara serta mengembalikan bunyi pada esensinya. bermain dengan bunyi bunyian dan suara yang diperoleh dari lingkungan dan manipulasi alat elektronik yang sengaja dibuat untuk menghasilkan kebisingan. Meskipun masih banyak diperdebatkan apakah noise ini termasuk jenis musik atau tidak.

jogjanoisebombingperformancesession1

Jogja Noise Bombing Fest ini merupakan sebuah acara yang diinisiasi oleh Jogja Noise Bombing. Event ini sendiri dirancang sebagai sebuah rangkaian yang diantaranya sudah dimulai pada 18 September sampai nanti 31 Oktober 2014. Acara yang sudah dilangsungkan antara lain adalah Screening Video/film, Workshop Basic Video Mapping oleh SeanBossbattle, Workshop Basic Fruity Loops oleh BBDKK yang bekerja sama dengan Acehouse Collective.

Puncak acara Jogja Noise Bombing Fest 2014 adalah art/noise performance dari experimental audio, noise dan visual artist. Yang masing masing akan berlangsung pada tanggal 7 dan 13 Oktober 2014. Tujuannya adalah untuk memperluas wacana tentang eksperimen terhadap bunyi bunyian, memproduksi suara dan kebisingan serta mengenalkan kepada publik terhadap eksistensinoise maker antar negara dan yang ada dan aktif di Yogyakarta Kegiatan ini melibatkan para pelaku, pemerhati, dan penikmat kebisingan di Yogyakarta.

Waktu : Selasa, 07 Oktober 2014
Jam : 19.00 WIB – 22.00 WIB
Tempat : Bentara Budaya | Kompas Jln. Suroto 2, Kotabaru, Yogyakarta

 S*I*N (Singapore)
NOISE ARCADE (USA)
SULFUR (Yogyakarta)
ANXIETY (Yogyakarta)
CIRCUITRIP (Singapore)
PALASICK (Yogyakarta)
JERK KEROUAC (Malaysia)
RANTAU RANJAU (Purwokerto)

Website : http://jogjanoisebombing.tumblr.com/
Facebook : http://facebook.com/jogjanoisebombingpeople
Twitter : @jogjanoisebomb
Gmail : jogjanoisebombing@gmail.com
Kontak : Jogja Noise Bombing Arie
HP : 085745991188


Related Blogs

    Share