jingga-telak2

Band pop akustik asal sukabumi, Jinggatelak telah merilis Music Video “Mendung”, Mendung sendiri adalah lagu ketiga dari EP “Aku Rumahmu” yang dirilis kurang lebih satu tahun yang lalu.

Berbeda dari MV sebelumnya, kali ini Jinggatelak memasukan unsur kearifan lokal, bekerjasama dengan Wayang Sukuraga, yaitu wayang yang hanya ada di Sukabumi.  Ide dari video ini berawal dari Rizkiana Wanda yang sekaligus menjadi Director di MV ini.

“ Kami memikirkan beberapa konsep berbeda untuk MV Mendung ini, setelah melakukan beberapa pertemuan, akhirnya muncul ide dari Rizkiana Wanda untuk melibatkan Local Pride Sukabumi yaitu Wayang Sukuraga yang merupakan wayang khas Sukabumi.”

Alasan  mengapa melibatkan Wayang Sukuraga adalah selain kami ingin mengangkat budaya kota sendiri, kami juga ingin mengungkap sisi lain dari lagu mendung sendiri. Jadi dalam Musik Video tersebut terdapat sisi penafsiran yang berbeda tentang lagu Mendung.

Sisi pertama menafsirkan tentang kehilangan yang diperankan oleh Bentang dan Mega Amanda dan yang kedua menafsirkan sisi kehidupan atau pengingat yang di perankan oleh Wayang Sukuraga.

Dalam alur cerita pertama yang menceritakan sisi kehilangan yang dimana diceritakan sesuai lirik lagu Mendung sendiri bercerita tentang seorang manusia yang ditinggalkan tapi bayangannya tetap melekat disisinya dan pada akhirnya hujan membuat semuanya hilang. Dan disisi lain yang di perankan oleh Wayang Sukuraga menceritakan tentang bagaimana cara menyikapi kehilangan. Menurut pemilik sekaligus pencipta Wayang Sukuraga, Efendi menjelaskan bahwa Mendung sendiri adalah sebuah ketidakpastian, bisa saja terjadi hujan bisa saja tidak.


=======================================================================================

For more info

Instagram: @jinggatelak

Share