jata-body-image

JATA // RILIS SINGLE “CRAZY GAME OF PHOBIAS”

Label indie asal Italia, Seashore Recordings baru-baru ini mengumumkan kontrak terbarnya, sekaligus perilisan album debut mendatang oleh penyanyi-penulis lagu JATA (alias Gaetano Russo) pada 1 Oktober. Jelang peluncuran albumnya, JATA meluncurkan title track bertajuk Crazy Game of Phobias. Lagu tersebut menjadi pernyataan tentang ketakutan orang-orang terhadap kontak sosial di masa pandemi; upaya lockdown, serta penerapan jarak sosial.

Selama proses penulisan dan perekaman EP-nya, JATA mampu menemukan kembali suaranya, serta mengeksplorasi penggunaan elektronik dan teknik sampling awal dalam campuran lekuk dan harmoni yang pop serta catchy.

Menjelang ini, JATA akan merilis judul lagu Crazy Game of Phobias, sebuah pernyataan tentang ketakutan orang-orang tentang kontak sosial yang telah berkembang selama pandemi, penguncian, dan aturan jarak sosial saat ini. Dalam proses penulisan dan perekaman EP ini, JATA pada dasarnya menemukan kembali suaranya, mengeksplorasi penggunaan elektronik dan teknik sampling awal, dalam campuran alur dan harmoni pop catchy.

Lebih lanjut, JATA menemukan salah satu efek paling negatif yang dihasilkan pandemi, yakni fobia terhadap kontak sosial. Hal tersebut diklaim sebagai buntut dari upaya lockdown dan social distancing, ditambah hype pemberitaan media yang konstan. Menjelajah rasa takut tersebut sembari membandingkan masa lalu dengan situasi saat ini, lirik lagu JATA menekankan perlunya mengembalikan sifat paling besar dan paling signifikan dari manusia, yakni kebutuhan untuk bersosialisasi dan berkontak.

Melansir siaran pers resminya, JATA memang merupakan seniman yang mendapat pengaruh Depeche Mode, Planet Funk, Almamegretta, Blonde Redhead, Arcade Fire, Editor, Interpol, dan Block Party. Oleh sebab itu, tak heran jika single utama ini dibumbui dengan rasa Depeche Mode.

Melalui EP ini, JATA juga membawa audiens menyusri perjalanan elektronik yang memikat, antara tahun 80-an dan masa kini. Crazy Game of Phobias menjadi batu loncatan sonik yang membuat penggemar dapat menjelajahi satu atau lebih tujuan penemuan kembali yang positif, ketahanan, kelahiran kembali pribadi dan kolektif. Sifat-sifat ini sudah ada di dalam diri manusia dan dapat ditarik ke permukaan melalui jalur sensasi dan atmosfer.

“Motif utama EP ini dimulai dengan pandemi sekarang dan perubahan yang dibawa era baru tersebut ke dunia. Dengan dampak globalnya yang besar, krisis ini telah mendorong saya untuk berpikir tentang betapa tidak stabil dan tidak terduganya hidup kita dan betapa pentingnya memiliki pendekatan yang tepat untuk berubah,” ujar Gaetano Russo seperti dikutip dari siaran pers resmi.

“Konsep ketahanan, visi dan tujuan masa depan, pertumbuhan pribadi dan menemukan orang yang dicintai merupakanmasalah yang disajikan dari sudut pandang pribadi saya. Sebagai pelatih profesional dan praktisi profesional NLP, saya berpandangan untuk mengembangkan potensi manusia di dalam diri kita masing-masing, memecahkan blok penulis 3 tahun di mana saya tidak memiliki inspirasi untuk menulis lagu baru,” sambungnya.

Mulai 25 Agustus, single Crazy Game of Phobias” telah tersedia di seluruh platform digital, termasuk Amazon Music dan Spotify. EP lengkapnya akan dirilis melalui Seahorse Recordings pada 1 Oktober mendatang.

====================================================================================

For more info:

Facebook: JATA

Twitter: @JATA_russo

Youtube: JATA Official

Related Blogs

    Share