thumbnail
Gerakan 30 September atau di singkat G 30 S PKI memang sebuah peristiwa yang tidak awam lagi di tanah air. Peristiwa tersebut bahkan sempat menjadi inspirasi sang sutradara asal Amerika, Joshua Oppenheimer dalam karya – karya film kontroversial, yaitu Jagal (2012) dan Senyap (2014). Seperti karya Joshua Oppenheimer, unit rock asal Bali, Jangar, juga berupaya menguak salah satu peristiwa terkeji dalam sejarah Indonesia melalui single rekaman live pertamanya yang bertajuk Gestok.

Jangar dibentuk oleh Gusten Keniten (Vokal), Pasek Darmawaysya (Drum), Dewa Adi (Gitar), dan Rai Biomantara pada bulan Juli 2015. Menurut para personil, musik Jangar merupakan hasil persilangan dari riff – riff blues rock dengan ketukan – ketukan progresif dalam tuning rendah.

jangarLirik dari single Gestok terinspirasi dari peristiwa genosida terencana yang terjadi 51 tahun silam. Yaitu pembantaian besar – besaran terhadap simpatisan Partai Komunis Indonesia serta organisasi-organisasi dan perkumpulan yang dianggap berafiliasi dengan PKI di seluruh pelosok negeri yang menelan korban lebih dari 3 juta jiwa.

Mini album perdana dari Jangar akan dirilis pada bulan April dalam format kaset dengan jumlah terbatas. Single ‘Gestok’ bias di dengar melalui akun Soundcloud Jangar.

https://soundcloud.com/jangar-doom/gestok

‘Gestok’

Tak kuat bukti terlibat

Panglima sengit asal bertingkah

Dibungkam tanpa syarat

Dijemput dipaksa menyerah

Para pemeran tuhan

Para milisi antek penjilat

Mendekam bui atau musnah

Dibungkam tanpa syarat

Dijemput dipaksa menyerah

Para pemeran tuhan

(Saya minum darah agar tidak jadi gila)

Para milisi antek penjilat

Mendekam bui atau musnah

Orba gila nyawa tak berharga, demi kuasa siapa

Sejarah kelam negeri mencekam

 

 

JANGAR MANAGEMENT

Jalan Mertanadi No. 68 Kerobokan, Bali

T : +6281246863430

E : id.jangardoom@gmail.com

FB : https://www.facebook.com/jangardoom/?fref=ts

SC : https://soundcloud.com/jangar-doom


Related Blogs

    Share