1

Band sinting! Kata yang cukup menggambarkan karakter Jangar, stoner rock asal Bali yang cukup berbahaya membongkar berbagai sejarah kelam Indonesia yang kontroversial melalui lirik sarkas pada setiap lagu mereka. Adalah Gusten (vocal), Pasek (Drum), Gus Rai (Bass), dan Dewa Adi (Gitar); para berandal yang berasal dari latar belakang musik yang berbeda, namun akhirnya tergabung dalam satu persekutuan yang hakiki dengan visi-misi mulia untuk berkarya tanpa keinginan untuk menciptakan image ala rockstar zaman sekarang. Dengan materi lagu yang cukup berat dan padat, band yang akan segera merilis EP dalam bentuk kaset ini hadir dengan image yang apa adanya: berantakan dan brengsek, namun cukup mengunggah tawa pada setiap penampilan mereka. Vocal yang lantang dengan tarian yang sekilas terlihat seperti pemujaan berhala sambil berorasi, dentuman bass yang konstan, pukulan drum yang gagah dengan ketukan progresif hingga riff-riff gitar berbahaya menjadikan band yang lahir pada Juli 2015 ini sebagai kesatuan yang candu.

Jangar kembali membuktikan eksistensi mereka dengan merilis video clip terbaru untuk salah satu single mereka, Robokop. Tanpa konsep, settingan dan tetek-bengek apapun selayaknya persiapan para rockstar-poser, video clip Robokop lahir ketika mereka melakukan tour bersama Rollfast ke Kota Solo, tepatnya di Lokananta Studio yang bersejarah. Ide untuk merekam aksi konyol mereka yang berlagak lipsync ala boyband muncul begitu saja dengan bantuan Teddy Drew sebagai tim dokumentasi. Seperti yang terdengar pada lirik Robokop: awalnya hanya coba-coba, akhirnya ketagihan juga; rekaman iseng-iseng dan coba-coba kala tour tersebut akhirnya dibungkus rapi menjadi video clip Robokop yang sakinah; sebuah eksistensi yang lahir secara natural.

Walaupun terlihat konyol, sejatinya Robokop menceritakan tentang kerinduan terhadap sosok pahlawan yang tak lagi ada di era modernitas seperti sekarang. Sosok pahwalan tersebut digambarkan dengan karakter film kartun Robocop yang dikenal sebagai sosok yang melindungi dan mengayomi masyarakat, menjamin ketenangan dan perdamaian dunia. Lantas, apa ada benang merahnya dengan video clip yang baru saja dirilis? Jawabannya tidak ada. Selamat menyaksikan!

JANGAR MANAGEMENT

Jalan Mertanadi No. 68 Kerobokan, Bali

T : +6281246863430

E : id.jangardoom@gmail.com

FB : https://www.facebook.com/jangardoom/?fref=ts

SC : https://soundcloud.com/jangar-doom

Trill/Cult Records

Head Office: Jalan Hayam Wuruk No. 197, Denpasar – Bali, Indonesia | P. (+62) 81246863430

www.facebook.com/trillcultrecords | www.soundcloud.com/trill-cult-records | www.twitter.com/trillcultrecs | www.instagram.com/trillcultrecords

Related Blogs

    Share