poster-aIYOIN (Indonesian Youth Opportunities in International Networking) merupakan suatu NGO yang bergerak di bidang pendidikan, kepemudaan, lingkungan, sosial dan jaringan internasional. IYOIN terbentuk di Malang pada tanggal 4 Oktober 2015 dan baru menjalankan satu tahun kepengurusan. Sekarang, IYOIN tersebar di 17 kota di Indonesia, salah satunya adalah Bogor.

IYOIN memiliki banyak program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemuda-pemudi Indonesia dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia melalui aksipositif. Salah satu Program Kerja IYOIN adalah Peduli Indonesia yang akan diadakan pada tanggal 19 November 2016 secara serentak di 17 kota di Indonesia. Peduli Indonesia Regional Bogor diberinama Peduli Bogor. Peduli Bogor merupakan national charity project untuk membantu generasi muda Indonesia yang kurang beruntung dalam menerima pendidikan serta membantu pihak sekolah dalam menyediakan fasilitas yang mendukung untuk kegiatan belajar mengajar. Harapan yang ingin kami capai dari Gerakan Mengajar Peduli Bogor ini adalah memfasilitasi adik-adik kami di SDN Sukaluyu 3 agar adik-adik dapat menerima ilmu dengan baik. Kami jugaberharap agar kunjungan mengajar kami dapat memotivasi keinginan adik-adik kami untuk menimba ilmu hingga Perguruan Tinggi dan dapat memperbaiki kehidupan mereka. Untuk memenuhi tujuan tersebut, kami dari IYOIN Bogor ingin mengajak anda untuk berbagi dengan adik-adik kami di SDN Sukaluyu 3.

SDN Sukaluyu 3 berlokasi di Desa Sukaluyu, Taman Sari Bogor. Murid yang bersekolah di SDN Sukaluyu 3 merupakan anak-anak dari kalangan tidak mampu. Hampir semua orang tua murid bekerja sebagai buruh atau petani. Oleh karena itu, murid-murid yang bersekolah di SDN Sukaluyu 3 tidak dipungut biaya. Meskipun sekolah tidak memungut biaya dari murid, sekolah juga kekurangan dana untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar dengan fasilitas yang memadai. Staff sekolah menyatakan bahwa sekolah memang mendapat bantuan dari pemerintah, namun terkadang bantuan itu tidak sampai kesekolah. Hal tersebut menyebabkan kondisi sekolah kian lama kian memburuk. Selain itu, kondisi murid-murid di SDN Sukaluyu 3 juga semakin memburuk. Meskipun sudah difasilitasi bersekolah gratis tanpa pungutan bayaran apapun, banyak murid yang memutuskan untuk berhenti sekolah. Hingga sekarang, hanya terdapat kurang lebih 20 murid di setiap tingkat pendidikan di jenjang SD. Kondisi SDN sekarang sangat memprihatinkan, antara lain adalah ruang kelas bocor, lantai tergenang air jika hujan, papan tulis masih berbentuk blackboard, hanya terdapat 6 ruang kelas untuk setiap tingkat pendidikan, tidak terdapat kantin, kamar mandi rusak dan tidak layak pakai, perpustakaan kurang memadai dan minim buku, serta tidak tersedianya UKS dan kotak P3K. Kami membutuh kandonasi dari teman-teman sekalian untuk diberikan kepada SDN Sukaluyu 3 untuk memperbaiki fasilitas sekolahnya. Kami sangat berharap bantuan Anda untuk mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar di SDN Sukaluyu 3.

Related Blogs

    Share