inside1 inside2 inside3 inside4 inside5 inside6

Peduli Bogor: Menghidupkan Mimpi Adik-Adik SDN Sukaluyu 03

Dalam rangka memperingati Hari Anak-Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November 2016, IYOIN Bogor telah sukses melaksanakan Peduli Bogor di SDN Sukaluyu 03. Acara Peduli Bogor ini diikuti oleh 50 siswa kelas 4 sampai kelas 6 SD. Peduli Bogor merupakan salah satu megaproker IYOIN Indonesia yang dilaksanakan oleh IYOIN Local Chapter Bogor. Peduli Indonesia yang dilaksanakan serentak di 20 kota di Indonesia merupakan gerakan mengajar di SDN terpencil yang diinisiasi oleh IYOIN Indonesia. Gerakan Peduli Indonesia telah sukses dilaksanakan di 20 Kota/Kabupaten, antara lain Bogor, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Bandung, Yogyakarta, Solo, Tulungagung, Malang, Makasar, Palembang, Batam, Medan, Padang, Surabaya, Semarang, dan Serang. Gerakan Peduli Indonesia bertujuan untuk meningkatkan motivasi anak-anak dalam menuntut pendidikan dan memperbaiki fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar. Kegiatan Peduli Bogor dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dibuka dengan sambutan dari pihak sekolah serta dari pihak IYOIN. Pihak sekolah memberikan dukungan positif kepada pihak IYOIN Bogor serta berharap motivasi dan bantuan yang diberikan oleh IYOIN Bogor dapat memberikan manfaat bagi siswa-siswi SDN Sukaluyu 03 di masa sekarang maupun di masa depan. Setelah pembukaan, siswa siswi SDN Sukaluyu 03 diajak berkeliling dunia oleh para mentor yang telah berkesempatan mengunjungi negara asing. Para mentor yang berkesempatan membagi pengalamannya adalah Ghita Tamalia (UNJ), Nadya Nariswari (Alumni UGM), dan Hamzah Nata Siswara (IPB). Mentoring pertama dibuka oleh Ghita Tamalia dengan materi “Teacher Ghita in Malaysia”. Ghita berkesempatan membagi pengalamannya dalam kegiatan volunteer work di Malaysia dalam program AIESEC Winter Exchange Program. Mentoring kedua dilanjutkan oleh pemaparan Hamzah mengenai pengalamannya di Jepang dalam program SUIJI tahun 2016. Mentoring terakhir diberikan oleh Nadya mengenai pengalamannya sebagai Exchange Student di Australia.

Setelah diajak mengunjungi negara Malaysia, Jepang dan Australia, siswa siswi diajak ke lapangan untuk mengikuti games. Adik-adik SDN Sukaluyu 03 sangat bersemangat dalam mengikuti permainan. Adik-adik sangat kompetitif ketika perwakilan kelompok mereka mengikuti permainan memasukkan pulpen ke dalam botol. Adik-adik SDN Sukaluyu 03 bersemangat juga dalam memperebutkan juara 1 di permainan yang diikuti.

Kegiatan Peduli Bogor ditutup dengan penyerahan donasi berupa Alat Tulis Kantor (ATK), buku tulis dan alat inventaris kelas secara simbolis dari Pihak IYOIN kepada Pihak SDN Sukaluyu 03. Pihak sekolah berharap agar kegiatan Peduli Bogor dapat berlangsung secara periodik untuk meningkatkan minat anak-anak dalam menuntut ilmu. Selain itu, pihak sekolah juga berharap donasi yang telah diberikan dapat membantu kegiatan belajar mengajar. Semoga Gerakan Peduli Indonesia dapat berlanjut sehingga dapat memperbaiki sektor pendidikan di Indonesia. Semoga niat dan bantuan kecil dari IYOIN Indonesia dalam meningkatkan kualitas generasi Indonesia dapat terwujud. Peduli Indonesia, satu aksi menghidupkan banyak mimpi. Share and Synergize!

Related Blogs

    Share