trojan

Bertepatan dengan perayaan Record Store Day 18 April lalu, album kedua Trojan “Archaic Dimension” resmi dirilis. Kali ini Trojan digandeng oleh Sepsis Records, label asal Jakarta dalam perilisan album keduanya. Band death metal yang digawangi Botax (vokal), Reo (gitar), Michael (gitar), dan Guz Cilix (drum) ini, sebelumnya pernah mengeluarkan debut album pertama pada tahun 2010. Dalam jangka waktu 5 tahunmusikalitas dari band ini sedikit berubah. Apa saja perubahannya? Okay, ini dia interview Mave dengan Trojan tentang album barunya, yang berisi 10 lagu cadas!

Haloo Trojan.. btw selamat yah atas album barunya yang baru saja rilis. Selang 5 tahun dari album pertama pada tahun 2010 Metamorphosis at the Phenomenon. Album sangat ini terasa beda. Apa yang membedakan album pertama dengan yang baru?
Yang membedakan adalah konsep kita bermusik, dimana dalam album baru ini kita menggabungkan musik djent metal dengan death metal, hasilnya seperti yang bisa disimak dalam album baru Trojan.

Materi lagu di album ini sangat terkonsep, karakter vokal Botak menjadi lebih berat, band apa saja sih yang mempengaruhi saat album ini dikerjakan?
Pastinya adalah Meshuggah yang uda bener-bener influence Trojan di album baru ini, dan band-band death metal lainnya.

Berapa lama proses recording untuk penggarapan album barunya ini? dan siapa saja yang terlibat didalam nya?
Prosesnya dari pertengahan tahun 2014 sampai akhir tahun 2014 di Eyes Studio milik pemain gitar kami, Michael. Kemudian mixing mastering oleh Zoteng Kampret (forgotten), di RockOn Studio.

Archaic Dimension sebagai tittle album baru kalian, apa sebenarnya arti dibalik nama ini?
“Archaic Dimension” bermakna sesuatu yang kuno dan telah mati, sesuatu yang tidak berkembang, primitif. Yang mana kita ingin menggambarkan tentang apa yg terjadi di dunia saat sekarang. Begitu banyak orang-orang ternyata masih berfikiran sempit dan primitif dalam era modern seperti saat sekarang.

Tema apa saja yang diangkat dari 10 lagu yang ada di album barunya ini?
Untuk lirik masih sama seperti di album pertama, semua dan apa yg kita lihat secara nyata di kehidupan ini baik itu positif ataupun negatif, tentang sosial dan lingkungan, alam semesta dan juga bumi ini dengan segala aktifitas di dalamnya yang semakin lama semakin ironis dan memprihatinkan.

Untuk perilisan di album keduanya ini, kalian digaet oleh Sepsis Records, label asal Jakarta. Bagaimana proses awal kerjasama kalian dengan mereka?
Awalnya Akbar sebagai perwakilan Sepsis Records menawarkan kontrak release album ke kita, dimana waktu itu kita juga sedang mencari pihak label recording untuk release album kedua. Kemudian Akbar langsung datang ke Bali untuk bertemu dengan Trojan dan membicarakan masalah kontrak rilis album.

Seberapa penting sebuah label bagi band, kalau menurut kalian?
Label sangat membantu pihak band dalam hal perilisan album dan promosi untuk lebih mendongkrak penjualan album itu sendiri. Dan pihak label biasanya banyak mempunyai link untuk membantu penjualan album. Dan tidak terbatas sampai dalam negri saja, bahkan beberapa label sampai ke beberapa negara di Eropa maupun negara-negara lainnya untuk penyebarannya.

Selain promo dan produksi, apa progress kedepan Trojan dengan Sepsis Records?
Progres kedepan kita dengan pihak sepsis adalah dalam hal pembuatan video klip. Konsep sudah ada, dan single yang dipilih juga sudah ada. Sekarang semuanya masih dirancangkan lagi supaya hasilnya nanti bisa benar-benar maksimal dan sesuai yang kita inginkan.

Last words, apa harapan untuk album barunya ini?
Harapan kita semoga album baru ini bisa diterima dengan baik oleh semua audience baik di Indonesia bahkan mungkin bisa sampai ke mancanegara..amin.


Related Blogs

    Share