TENHOLES

Tenholes bersama Warriors Records merilis kembali sebuah single dalam format CD berjudul “Warriors Crew”.Singel ini dikeluarkan setelah 4 tahun tidak merilis karya, namun mereka masih aktif main di beberapa gigs. Band yang termasuk sebagai pelopor music celtic punk di Indonesia ini, meng-sinyalkan bahwa single barunya ini sebagai tanda bahwa mereka sudah mempersiapkan full albumnya dalam waktu dekat ini. Dan ini dia wawancara Mave dengan Tenholes. Cekidot!

Hello TENHOLES bagaimana kabar ibukota hari ini?
Oi! Mave Ibukota baik-baik saja. Hanya disini cuacanya yang ga menentu kadang panas terik namun bisa tiba-tiba hujan deras

Empat tahun tidak merilis karya, baru di bulan April kemarin mengeluarkan single. Sibuk apa saja anak-anak Tenholes?
Yes, 4 tahun kita ga berkarya tapi intens di gigs komunitas maupun gigs yang cukup besar. Bisa dibilang kita menabung dari hasil manggung supaya bisa mulai recording karya baru. Tepat pada Records Store Day kita merilis single terbaru yang berjudul “Warriors Crew”.

Apakah ada yang berubah dengan formasi Tenholes saat ini?
Perubahan Tenholes saat ini cukup besar Mulai dari sudah hampir 3 tahun aktif dengan frontman baru yaitu Ukien Bstrd yang sebelumnya main drum untuk Tenholes. Sebelumnya adalah Ambonasty yang pernah membesarkan salah satu band Street Punk yang cukup dikenal di Ibukota yaitu Overcast. Pada drum di isi oleh Dadan Jonsplay dan pada Mandolin diisi oleh King Edwin yang sebelumnya di isi oleh Zury Mandolina. Sedangkan Pada gitar masih tetap sama yaitu Andri Cave in dan Ota A. Rompas. Pada bass gitar masih di pegang oleh BarieOi!

Ceritain dong sedikit single barunya “Warriors Crew”?
Lagu bertitle Warriors Crew ini ditulis bareng oleh Ukien dan Uthay (The End dan founder Warriors Jakarta). Lagu ini memang didedikasikan buat anak anak Warriors yang hubungannya sudah hampir seperti keluarga. Rumah kita bernaung dan yang selalu mendukung Tenholes dari nol. Namun lagu ini juga didedikasikan untuk semua crew yang selalu dukung Tenholes

Apakah single ini sebagai sinyal menandakan akan membuat album baru?
Hahaha…Sudah pasti, semoga dalam waktu 2 – 3 bulan kedepan kita bisa merilis full length album terbaru Tenholes. Mohon doanya bagi semoga semua prosesnya lancar

Sejauh mana materi dan proses album barunya?
Sampai saat ini kita sudah mengumpulkan 8 materi lagu baru yang sudah terekam, masih ada 2-3 lagu yang akan kita rekam dalam waktu dekat. Targetnya sih abis lebaran kita rilis…semoga.

Pergerakan Punk/Skins di Jakarta sekarang semakin solid, banyak juga bermunculan records dan band-band baru. Bagaimana tanggapan anak-anak Tenholes melihat perkembangan ini? Dibandingkan era dahulu?
Perkembangan ini sangat mengembirakan, karena dengan munculnya records dan band-band baru yang pasti akan menambah warna di scene dan makin banyak yang buat gigs . Semoga perselisihan ideology dan area tongkrongan semakin terminimalisir di era saat ini.

Oh iya, kalian juga termasuk band pelopor yang mengusung Celtic Punk di Indonesia, sejauh mana perkembangan musik dan band Celtic Punk di Indonesia sekarang?
Perkembangan scene Celtic Punk di Indonesia sangat dahsyat sekarang. Hampir di seluruh kota di Indonesia punya band celtic punk. Kita banyak kenal melalui interaksi socmed dengan band-band tersebut. Luar biasa banget perkembangannya, bahkan materi lagu dan performance mereka sama sekali tidak mengecewakan. Scene Yogya Celtic Punk juga sempat membuat album kompilasi kumpulan band-band Celtic Punk hampir dari seluruh Indonesia. Tapi sayang Tenholes gak bisa berpartisipasi saat itu dikarenakan belum punya materi baru untuk di submit ke mereka.

Kalian sebagai band Celtic Punk yang identik dengan drinking team nya, apakah pernah manggung dengan keadaan sadar?atau tanpa alcohol sama sekali?hehe..
hahahaaa….Belum Pernah. Tolong jangan ditiru ya untuk pembaca di bawah umur

Okay, Terakhir. Bulan Mei kan identik dengan Hari Buruh Sedunia, apa yang kalian lihat sekarang yang dialami oleh buruh Indonesia?
Yang kami lihat dari sisi upah sudah ada peningkatan namun dari sisi jaminan kesehatan masih kurang fasilitas yang diberikan oleh pemerintah. Semoga kedepan fasilitas jaminan kesehatan dan jaminan masa tua para buruh lebih diperhatikan lagi.


Related Blogs

    Share