SANGSAKA-(1)

Juara hidup, Hidup Juara! satu jargon yang mewakili anak – anak muda kreatif asal SMK N 1 Denpasar ini. Walaupun Sekolah ini notabene nya anak – anak tehnik, tapi diyakini bahwa disekolah SMK N 1 Denpasar ini terdapat anak – anak muda yang bisa menyalurkan bakatnya dibidang seni khususnya teater, hingga akhirnya dibentuklah Teater Sangsaka oleh 2 seniman asal Bali. Okay, langsung saja simak bincang santai Mave dengan Sangsaka. Cekidot!

Halo Teater Sangsaka, apa kabar hari ini ? sedang sibuk apa nih ?
Hari ini kita dalam kondisi sangat baik dan sangat bersemangat kak! Soalnya kita lagi sibuk menggarap beberapa pementasan dan juga untuk mengikuti perlombaan pada bulan April sampai Mei ini nih kak . Nah , untuk beberapa pementasan yang kita garap itu diantaranya ada pantomime atau pantoret , dan juga musikalisasipuisi kak. Nah untuk beberapa perlombaan yang kita ikutin itu diantaranya kita bakalan ikut lomba Dramatisasi Puisi , Baca Puisi , Monolog , dan juga kita ikutan lomba Musikalisasi Puisi kok kak . Jadi akhir – akhir ini sih yaa kita lagi sibuk untuk latihan dan nyiapin semuanya kak hehehe

Oh iya, ceritain dong gimana sih awal terbentuknya Teater Sangsaka ini ?
Diawal terbentuknya Teater SangSaka ini pada awalnya dibentuk oleh beberapa seniman di Bali kak yaitu Dadi Reza Pujiadi yang merupakan pelatih awal kita dan juga Muda Wijaya atau biasa yang dikenal dengan Kang Mujay. Disekolah kita ini kan yaa cenderungnya kan ke anak anak tehnik , nah tapi mereka yakin bahwa disekolah kita di SMK N 1 Denpasar ini terdapat anak anak muda yang juga bisa bergerak atau pun menyalurkan bakatnya dibidang Seni khususnya teater. Dan ternyata tidak sedikit juga anak anak yang berbakat di bidang Seni khusunya Teater , nah maka dari itulah terbentuklah Teater SangSaka ini di SMK N 1 Denpasar.

Kenapa sih dinamai Sangsaka ?
Jadi kenapa dinamain SangSaka karena dulu sebenernya teater kita itu namanya Teater Rumput kak , nah kemudian karena filosofi dari nama Rumput itu sendiri yang jika semakin tumbuh dan panjang pasti akan dipotong, jika itu diibaratkan dengan sebuah organisasi teater sudah pasti jika kita banyak berprestasi dan sudah jaya akan jatuh dan mulai tumbuh dari awal lagi. Selain itu, Rumput sering dikatakan orang adalah tumbuhan yang sering diinjak-injak. Jika kembali kita ibaratkan dengan sebuah organisasi teater, maka organisasi teater tersebut tidak bisa berkembang. Nah maka dari itu diputuskanlah untuk mengubah namanya menjadi Teater SangSaka atas saran dari pelatih Teater Limas yaitu Muda Wijaya dan Dadi Reza Pujiadi yang merupakan pendiri dari teater SangSaka sendiri. Lalu Filosofi nama SangSaka, Sang berarti sesuatu yang diagungkan seperti Sang Raja, Sang Pangeran, Sang Surya, Sang Saka Merah Putih. Dan Saka sendiri berarti sebuah penopang yang suci dari sebuah bangunan. Jadi, SangSaka berarti penopang suci yang agung.

WOMANFESTW-(194)

Biasanya tema yang kalian bawain kalo lagi perform apa aja sih ?
Tergantung sih kak kalo ada tema di suatu acara atau perlombaan itu biasanya sih yaa kita buat pementasannya sesuai dengan tema yang ada kak . Nah tapi biasanya sih kita cenderung buat pementasan itu yang temanya lucu – lucu atau terkesan kocak gitu deh kak.

Kira – kira ada ritual khusus gak sebelum perform ?
Kalo ritual khusus sendiri sebelum perform sih gak ada yang terlalu mencolok sih kak . Biasanya yaa kita pasti ngelingker dulu sebelum pentas abis itu pegangan tangan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing terus kita tos sambil teriak bilang yel-yel dari teater SangSaka yaitu ” Juara Hidup, Hidup Juara ”

Diluar teater, kegiatannya apa aja nih kalo boleh tau ?
Nah kalo diluar teater sih kegiatan kita biasanya ada latihan rutin atau ekstra wajib yang diadain setiap seminggu sekali kak . Atau kita juga sering ngumpul-ngumpul gitu kak sesudah pulang sekolah yaa buat ngomongin cerita atau pementasan , misalnya ada ditawarin pentas dimana , atau kaya ada perlombaan apa gitu. Yaa biasanya sih gitu kak kalo kegiatan kita diluar teater

Apa rencana kalian dalam waktu dekat ini ?
Kalo ngomongin rencana kita dalam waktu dekat ini sih yaa paling kita lagi fokus untuk perlombaan sama pementasan di bulan April sama Mei dulu sih kak. Gak ada rencana khusus gitu sih dalam waktu dekat ini kak. Cuma fokus itu aja sih yaa paling latihannya gitu kak.

Okay, last words ?
“SANGSAKA!!! Juara hidup, Hidup Juara”

 

=============================================================================

Teater Sangsaka

instagram : teatersangsaka

all teks dedybondet photo courtesy of teater sangsaka & mavemagazine


Related Blogs

    Share