SAINTLUCAS11

Siapa sangka yang niat nya cuman nonton band idola saja, tahu nya mereka di daulat oleh sang promotor untuk menjadi band pembuka Metallica, yang menggelar konser nya di Jakarta beberapa waktu lalu. Ini kejutan besar bagi band yang dibentuk tahun 2002 di Jakarta, yang menilai ini sebagai sebuah bonus bagi mereka atas jerih payah selama ini. Okay, ini dia wawancara Mave dengan Seringai ketika mereka bertandang ke pulau Bali.

Haloo Seringai, selamat datang di Bali, ini kunjungan keberapa kali nya kalian ke Bali?

Halo. Tidak terlalu ingat, mungkin kunjungan yang ke 15 dengan Seringai.. Sejak kami berdiri, kami sudah bermain di Bali di tahun pertama, dan ada beberapa kali kami bermain 2x dalam setahun.

Apa yang membuat kalian ingin selalu datang ke pulau ini, selain di undang oleh teman disini / EO?

Berlibur. Termasuk makan kuliner lokal. Mengunjungi teman-teman lama di Bali.

Apa yang membedakan konser kali ini dengan konser sebelum nya? yang mana setiap Seringai main disini selalu bertempat di Denpasar/Kuta, dan kali ini Seringai main di kota/daerah jauh dari biasa nya. Bagaimana kesan nya?

It’s always great. Kami sering bermain di tempat-tempat baru dan tidak biasa sehingga mungkin sekarang menjadi kebiasaan. Haha!

Saat kalian manggung tadi, Arian memakai kaos “Bali Tolak Reklamasi” apakah kalian mendukung pergerakan ini?

Ya, kami pikir lingkungan hidup harus menjadi nomor satu. Karena kalau kita menginginkan generasi penerus kita hidup layak di rumah kita sendiri, lingkungan hidup harus kita jaga.

Apa yang kalian tau tentang issue ini ? yang mana sekarang ini lagi hangat-hangat nya di perbicangkan pro kontra nya di sini?

Lagu lama: kapitalis mencoba mengeruk profit dengan mengesampingkan kepentingan orang banyak dan menghancurkan lingkungan hidup. Indonesia, ternama di dunia sebagai negara yang tidak menjaga lingkungan hidupnya sendiri. Rencana reklamasi Teluk Benoa sudah jelas akan merusak ekosistem disana. Kalau isunya tentang pariwisata, sudah jelas banyak alternatif lain yang tidak merusak lingkungan hidup lokal. Kerugian sosial, budaya, ekonomi, dan lingkungan bagi masyarakat Bali akan menjadi dampak dari perubahan bentang alam akibat reklamasi Teluk Benoa.

Okay, ini adalah pertanyaan yang sering di jawab oleh Seringai akhir-akhir ini, Bagaimana perasaan kalian ketika kemarin di daulat menjadi band pembuka Metallica?

Kamu bisa membaca cerita lengkapnya disini: http://lawlessjakarta.com/blog/hit-the-lights-perjalanan-panjang-menuju-stage-metallica.html

Apakah ini suatu keajaiban yang selama ini kalian tunggu-tunggu?

Tidak seperti itu, kami tidak pernah menunggu menjadi opening act Metallica. Sebenarnya kami hanya menunggu ingin menyaksikan salah satu band favorit kami bisa tampil kembali di tanah sendiri. Kalau kemudian menjadi opening act, itu adalah bonus yang menyenangkan.

Apa ada perbincangan di back stage antara kalian dengan personil Metallica? Apa yang kalian bincangkan kalau boleh tau?

Tidak banyak karena waktunya juga tidak lama, hanya sebagaimana metalheads bertemu dengan metalheads lainnya, kami malah membahas t-shirt-t-shirt band yang kami kenakan.

Apa dampak yang di berikan dari konser Metallica di Jakarta kemarin bagi music metal di Indonesia? atau mungkin industri music di tanah air?

Memori menyenangkan, tentu saja. Karena live show mereka adalah salah satu live show metal yang terbaik sejauh ini. Kalau untuk di industri, entah. Mungkin di industri pertunjukan ya.

Ada project lain gak yang digarap oleh Seringai dalam waktu dekat ini, setelah kemarin mengeluarkan album ‘Taring’?

Kami sedang membuat lagu-lagu baru untuk sebuah album split dengan sebuah band Jakarta. Bandnya siapa, masih rahasia. Banyak rencana yang belum kami laksanakan karena sering terbentur kegiatan dan pekerjaan kami sehari-hari.

Bagaimana dengan tour luar negri? ada rencana soal itu?

Belum ada sejauh ini. Tapi kami belum lama bermain di Kuala Lumpur.

Last words, gambarkan dengan tiga kata tentang Bali, kalau menurut kalian?

Nasi lawar, babi panggang dan rockabali. Haha!

www.reverbnation.com/seringai | www.myspace.com/highoctanerock

Share