RTM

RACUN TIMUR MENGGODA atau biasa disingkat RTM, adalah sebuah band Punk Rock asal Bali yang banyak terpengaruh oleh band-band macam Social Distortion, Rancid, Johnny Cash, The Supersuckers dan The Living End. Terbentuk pada bulan Juli 2009 lalu, band ini termasuk band punk yang lagu-lagunya bercerita tentang perlawanan dan lingkungan hidup. Di tahun 2017 tepatnya bulan Juni kemarin RTM resmi merilis sebuah album kedua mereka yang diberi judul Wake Up For Environment. Yang mereka dedikasikan untuk alam Bali yang sedang mengalami krisis ekologi. Okay langsung aja simak wawancara kita dengan mereka.

Photo courtesy RTM Teks Adamxhole

Hallo RTM bagaimana kabar kalian ?
Haloo… Kabar baik brother..

Oh iya, kalian baru saja mengeluarkan album baru kedua yang diberi judul Wake Up For Environment. Ceritain dong gimana proses pembuatan album ini ?

Yupp, jadi album ini kami sudah garap dari tahun 2015, sebelum album ini rampung beberapa lagu yang ada di album ke 2 kami ini sudah masuk di album kompilasi berkarat 1 dan 2. Setelah kompilasi kelar, kami lebih fokus untuk materi yang baru yaitu untuk penyelesaian album kami yang kedua 2 dengan menambahkan beberapa lagu baru di dalam nya dan tetap dengan konsep kami dari awal yaitu untuk lingkungan. Hanya saja di album kali ini kami lebih vulgar mendemokan nya di banding dengan album pertama.

Ada berapa lagu di album ini ?
Untuk lagu di album Wake Up for Evironment berisi 12 lagu.

Nyeritain tentang apa saja lagu-lagu di album ini ?
Tentu saja tentang keadaan alam Bali yang kami lihat saat ini sudah semakin parah dan beberapa tentang realita sehari hari.

Tema di album ini kalian dedikasikan untuk alam dan lingkungan, seperti apa yang kalian lihat kerusakan alam saat ini ?
Benar banget, contoh yang sangat urgent saat ini khusus nya di bali yaitu masalah rencana reklamasi di teluk benoa. Bayangkan aja jon kalo itu terjadi berapa banyak nelayan yang akan kehilangan mata pencaharian mereka, belum lagi maslah bencana ekologi yang akan terjadi banjir rob, perubahan arus laut dan lain-lain. Yang kedua masalah sampah plastik, kami melihat masih banyaknya masyarakat yang tidak sadar akan masalah yang akan ditimbulkan oleh smpah plastik jika kita tidak cermat akan hal tersebut. Yang ketiga masalah polusi, penebangan liar, penambangan liar ketiga hal ini adalah satu kesatuan yg kami amati saling menimbulkan sebab dan akibat. Contoh nya polusi akan terjadi jika maraknya terjadi penebangan liar, tanah longsor akan terjadi jika maraknya terjadi penambangan liar.

Sebagian dari penjualan album ini kalian sumbangkan pada ForBali ya ? Sejauh mana pergerakan ini berlangsung di Bali ?
Jadi kami bandrol cd albm ini dengan harga 30 ribu rupiah, yang mana 5 ribu rupiah dari penjualan tersebut akan kami donasikan ke For Bali untuk membantu perjuangan penyelamatan lingkungan hidup di Bali. Kalo di lihat sejauh mana perjuangan ini sudah 4 tahun prjuangan ini berlangsung, terhitung dari tahun 2013 sampai saat ini 2017 walaupun di awal-awal perjuangan masih sangat minim orang yang paham, hingga saat ini perjuangan ini sangat masif di bali tidak hanya dari kalangan dewasa tapi remaja dan anak-anak ikut tergabung di dalamnya.

Apa yang membedakan album ini dengan album sebelumnya ?
Album sebelumnya memang kami juga membicarakan tentang alam di salah satu lagu kami di album pertama yan berjudul Green Sunday, dan di album kali ini materi kami lebih padat, lebih fokus dan penyampaian pesan moral nya pun lebih vulgar.

Apakah di album ini ada kolaborasi dengan musisi lain ?
Yoi jon, salah satu lagu kami yang berjudul LICKER kami, di bantu featuring oleh Krisis vokalis dari band Gasuck.

Apa rencana kalian dalam waktu dekat ini ?
Rencana nya kami akan membuat launching di bulan Juli bertepatan dengan ulang tahun RTM yang ke 8th. Semoga tidak ada halangan Hahahaha

Okay, pertanyaan terakhir. Apa yang kalian harapkan untuk album kedua ini ?
Harapan kami di album ke 2 ini, bisa diterima di masyarakat, dan bisa menyadarkan masyarakat agar lebih perduli dengan lingkungan sekitarnya.
Satu pesan kami : JAGALAH ALAM MAKA ALAM AKAN MENJAGA KITA SEMUA….. Cheersss!

 

==============================================================================

Racun Timur Menggoda

Instagram : Rtm_Bali

reverbnation.com/racuntimurmenggoda

Related Blogs

    Share