EYEFEELSIX06

Musik Hiphop bagi band asal Bandung Eye Feel Six ini, bukan hanya sekadar berbicara soal perhiasan mewah, perang antar geng, atau tentang fashion dan gaya hidup mentereng. Bagi mereka ekspetasi hiphop itu sendiri adalah musik sebagai propaganda yang berisi kritik sosial secara personal, serta salah satu bentuk perlawanan terhadap pola industri musik sekarang ini. Dan di bulan Agustus kemarin, bertepatan dengan hari jadi nya yang ke-13 grup hiphop ini merilis album yang kedua, yang diberi judul “Illmortality”. Okay, ini dia interview  dengan anak-anak Eye Feel Six.

Haloo Eye Feel Six selamat hari jadi yang ke-13 yah. Ada berita terbaru apa yang lagi hangat di grup hiphop ini ?
Wuzz up…. Terima kasih. Yang pasti sih kita rilis album ke-2 kita ILLMORTALITY, dan promo album.

Package bundle untuk album baru kalian yang dirilis oleh Grilmloc Records disambut positif oleh banyak orang, dan kabar nya album baru kalian laku terjual 300 CD keping dalam waktu sehari. Bagaimana tanggapan kalian ?
Di luar dugaan sih….terimakasih aja buat rekan-rekan yang sudah mengapresiasi karya kita….respect…

Jika ada yang belum dengar album ini, apa yang membedakan album baru kalian “Illmortality” dengan album sebelum nya “Pain Per Hate” ?
Yang kentara sekali mungkin dari sisi music lebih kental nuansa boombapnya.

Apakah album ini masih menampilkan kolaborasi lintas genre seperti album sebelum nya ? Yang memasukan musik tradisional Sunda ?
kalo lintas genre iya, karena kita ada colab sama vocalis Burger Kill, Vocalis Outright, gitaris Jeruji Andre, dan gitaris Hellbeyond….klo dengan music tradisional tidak ada.

Siapa saja musisi yang terlibat di album baru kalian ini ?
Sebagian sudah disebutkan diatas, yg lainnya kita ada colabs di lagu Anthem bareng : Sarkasz  ( HOMICIDE RIP ), Antzkilla (RUN BDG ), DULE (DHC ), T-Joy, Junk-D, Bucu, Atrok, Ji$m, dan Morgue Vanguard di Bonus track.

Oh iya di bulan September ini kalian berencana melakukan tur Jawa-Bali yah ? Kota mana aja yang akan disinggahi?
Mudah-mudahan kalau tidak aral melintang kita akan mulai tour kita di Denpasar  tgl 19, di Singaraja Tgl 20, kemudian di Yogya tgl 5 Oktober, 6 Oktober Wates, kemudian terakhir Di Bandung buat tanggal nya belum fix kalau yang di BDG, itupun mungkin masih ada tambahan beberapa kota yang saat ini masih dalam tahap negoisasi.

Seberapa besar komunitas hiphop di Bandung sekarang ini ? Dan bagaimana perkembangan nya ?
Kalo di kota Bandung sih belum sebesar komunitas metal ….tapi pergerakan sih terus berjalan, banyak group- group baru muncul dan membuat karya.

Musik hiphop bagi Eye Feel Six sendiri bukan hanya sekedar penampilan yang bling-bling atau atau sekedar fashion. Seperti apa sebenarnya nya hiphop itu bagi kalian ?
Music hiphop buat kami seperti “ tong sampah” buat ngeluarin apa yang kita rasakan tanpa ada orang lain yang membatasi.

Beberapa lagu dari Eye Feel Six sangat kental dengan ‘perlawanan’ dan bercerita tentang sosial politik masyarakat sekarang ini, apakah ini sangat efektif ?
Sebenernya lirik-lirik kami kalo di teliti sih banyak berbicara tentang kehiduapan kita sehari-hari, yang kebetulan kehidupan itu berada di negeri yang sedang sakit ini…..minimal efektif buat diri kita sendiri untuk bisa tetap  bisa bertahan di negeri ini….

Apa yang terjadi dengan negara Indonesia sekarang ini dalam pandangan kalian ?
Negeri  ini butuh pemberontak bukan aparat dan pejabat yg selalu menjilat, tapi di negeri ini, para pemberontak di brangus tapi para penjilat di lindungi. ya begitulah yg terjadi kira-kira.

Apa yang harus di perbaiki di negara ini ?
Terlalu banyak untuk di sebutkan….

Percaya tidak bahwa musik bisa mengubah dunia ?
Tidak.

Seberapa besar pengaruh musik hiphop di era 90an bagi kalian ? Dan siapa grup hiphop / rapper yang mempengaruhi nya ?
Sangat berpengaruh besar ,karena emang kita tumbuh berkembang di era itu, group era itu yg banyak sekali mempengaruhi  kita, salah 4nya diantaranya House of Pain, ONYX, Cypress Hill, Organized  Konfusion dll

7 Album versi kalian yang wajib di rekomendasi kan ?
1. ILL BILL VS DJ MUGGS  “KILL DEVIL HILL”
2. NON PHIXION “ THE FUTURE IS NOW”
3. DEAD PREZ “LETS GET FREE”
4. SNOWGOON “DYNASTY”
5. ILLMORTAL TECHNIQUE “ THE 3rd Word”
6. LACOKA NOSTRA “MASTER OF THE DARK ART “
7. ILL BILL “GRIMY AWARD”

Okay, terakhir. Apa yang diharapkan oleh Eye Feel Six kedepan nya, selama 13 tahun kalian berdiri ?
Semoga kita masih terus bisa  berkarya untuk buat album selanjutnya.

www.reverbnation.com/eyefeelsix  |  www.twitter.com/eyefeelsix

Share